XL Hanya Harapkan Rp 630 Miliar dari VAS

JAKARTA— PT XL Axiata Tbk (XL) hanya mengharapkan layanan nilai tambah (Value Added Services/VAS) memiliki omset  sekitar 420-630 miliar rupiah atau berkontribusi dua hingga tiga persen dari target total pendapatan 2012 sekitar 21 triliun rupiah.

 

”Kami harus realistis dengan kondisi yang ada di bisnis konten dimana belum juga bangkit sejak terjadi unreg massal pada Oktober 2011 lalu. Jika pada 2011, bisnis VAS bisa  berkontribusi sekitar 7 persen bagi perseroan, rasanya tahun ini sudah 2-3 persen saja bagus,” ungkap  Direktur Teknologi,Content,dan New Busines XL, Dian Siswarini di Jakarta, Rabu (16/5).

 

Diprediksinya, bisnis konten baru akan bangkit dan bisa berkontribusi normal bagi XL mulai tahun depan seiring masyarakat teredukasi dengan baik dan produk yang disediakan tidak ada lagi kesan manipulasi. ”Tahun depan baru mulai membaik. Tetapi kami harus bekerja dari sekarang dengan terus meluncurkan produk yang benar agar masyarakat teredukasi,” jelasnya.

 

Diungkapkannya, salah satu yang dilakukan perseroan adalah bekerjasama dengan MusicaStudio’s meluncurkan  Musikkamu yang merupakan sebuah layanan konten yang dapat dinikmati di ponsel dengan konsep fans-base.

 

”Kami menyediakan konsep kerjasama yang melibatkan semua pihak dengan menyingkirkan pola pikir orang telekomunikasi dimana semua harus dikerjakan sendiri. Musica membawa artis dan platform, XL membawa basis pelanggan dan kemampuan billing. Jika pun XL berinvestasi itu untuk promosi dan edukasi,” jelasnya.

 

Dikatakannya, produk  Musikkamu adalah layanan konten musik pertama di Indonesia yang dibangun dengan mempertimbangkan beberapa hal di antaranya Games,  musik digital, social media, mobile platform,  dan menyediakan akses  artis bisa berkomunikasi langsung dengan penggemarnya.

 

”Tantangan dari meluncurkan layanan konten itu adalah menjaga hype dan keinginan pelanggan untuk terus mengakses. Kami sengaja investasi untuk membuat kondisi itu terwujud dengan menggandeng pemain-pemain di social media,” katanya.

 

GM Content & Applications Strategic Business & Innovation  XL Revie Sylviana menambahkan, bagi artis bisa mendapatkan pendapatan dari  sisi konten yang membuat dirinya terhubung dengan penggemar.

 

”Kami membidik ada  200 ribu pelanggan di tiga bulan pertama. Angka itu dari  dari 1,5 juta hingga 2 juta penggemar artis MusicaStudio’s. Rencananya  kita akan ajak semua label rekaman dan artisnya untuk bekerjasama,” ungkapnya.[dni]

 

 

 

Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s