Telkom Investasi Rp 3 triliun Demi Satu Juta Titik WiFi

JAKARTA—PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) mengalokasikan investasi sekitar tiga triliun rupiah untuk membangun satu juta titik WiFi guna mendukung bisnis Information, Media, dan Edutainment (IME).

“Proyek membangun satu juta titik WiFi ini dimulai pada tahun ini. Lelang akan dilakukan dimana dari 19 peserta sudah 7 yang lolos,” ungkap EGM Telkom Multimedia Joddy Hernandy di Jakarta, belum lama ini.

Diungkapkannya, para peserta yang sudah lolos dan akan ditentukan pemenang tender tak lama lagi diantaranya Cisco, Ruckus, Bellair, dan HP. “Proyek ini akan selesai empat tahun dari sekarang atau sekitar 2016,” ungkapnya.

Direktur IT Solution & Strategic Telkom Indra Utoyo menambahkan, pada tahun ini perseroan membidik ada 50 ribu titik WiFi yang selesai dibangun. “Itu anggarannya sekitar  285 miliar rupiah, dimana didalamnya sudah termasuk  mengembangkan konten, aplikasi, dan  membangun 50 ribu titik WiFi,” jelasnya.

Menurutnya, Telkom dalam membangun ekosistem bisnis IME berbasiskan pada Device, network, dan Application (DNA). “Kita harus bisa memberikan konten yang multi play (telephone, internet, dan video) di multi screen  yakni ponsel, desktop, dan televisi. Membangun akses WiFi sebagai salah satu cara mendukung ekosistem itu.,” katanya.

Dikatakannya,  Telkom dalam melihat bisnis IME juga mengapresiasi shadow revunue yang dihasilkan jasa ini guna mendukung bisnis akses. Hal itu sudah dipertunjukkan anak usaha, Telkom Sigma yang bisa memberikan multiplier effect 4,8 kali bagi omset Telkom grup pada 2010 dan 6,3 kali di kuartal pertama 2011.

“Pada 2011 bisnis IME berkontribusi sekitar 9% bagi total omset perseroan dan mengalami pertumbuhan di atas rata-rata industri. Pada 2015, IME diharapkan  bisa berkontribusi 15% bagi total omset,” katanya.[dni]

Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s