Dian Siswarini : Banyak Berdoa

Ada hal yang menarik dari paparan presentasi Direktur Teknology, Content, & New Business XL Dian Siswarini kala meluncurkan layanan Cloud Computing, XCloud pada Kamis (10/5) lalu.

Di slide terakhir paparan, Dian mengajak semua undangan untuk berdoa agar layanan yang baru diluncurkan anak usaha Axiata itu sukses di pasar.

“Saya terus terang banyak berdoa agar layanan ini sukses. Cloud Computing memang akan menjadi tren, tetapi tidak ada jaminan di Indonesia itu bisa menjadi bisnis menguntungkan walau sejak tiga tahun lalu sudah digadang-gadang,” ungkapnya.

Dikatakannya, XL kala memutuskan untuk turun ke bisnis Cloud Computing pun memerlukan waktu persiapan selama dua tahun, baru setelah itu berani ikut terjun di jasa yang memiliki nilai bisnis sekitar 100 juta dollar AS tahun ini.

“Kami sudah banyak mendengar upaya pemain telekomunikasi lainnya yang susah payah mengembangkan Cloud. Kita banyak belajar dari yang sudah terjun duluan. Makanya saya bilang, selain usaha dan berdoa itu juga harus banyak agar Xl suskses di Cloud,” katanya.

Menurutnya, jika layanan cloud ingin sukses di Indonesia, semua ekosistem harus bergerak bersama dalam satu persepsi dan berkolaborasi mengembangkannya. “Tidak bisa masing-masing pemain menonjolkan egonya, kalau itu dilakukan, tak akan bisa melawan pemain asing. Makanya di XL kita percaya dengan konsep open cloud alias terbuka bekerjasama dengan siapa saja,” katanya.

Untuk diketahui, guna mengembangkan XCloud, Dian mengajak   6 mitra bisnis. Mereka adalah Huawei, Fujitsu, IBM, Intratech, Mandawani, dan Microsoft.

Saat ini solusi yang ditawarkan oleh XCloud memiliki fokus pada area Public Infrastructure as a Services (IaaS). Pada jenis layanan ini, XL menyiapkan layanan hosting, penyimpanan data, serta server melalui jaringan publik internet. Selain itu, XCloud juga siap menyediakan layanan Software as a Services (SaaS) bagi produk Microsoft Office 365, yang merupakan produk baru dari Microsoft.[dni]

Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s