Dari Time ke Times

JAKARTA – PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) telah memiliki nakhoda baru sejak pertengahan Mei lalu. Arief Yahya atau yang akrab di sapa AY sejak menjabat posisi Telkom-1 terkesan menjauh dari media.

Selidik punya selidik, ternyata AY sedang berkonsentrasi untuk konsolidasi di internal Badan Usaha Milik Negara (BUMN) halo-halo itu. Rotasi di Telkomsel dengan ditunjuknya pejabat baru adalah bentuk kongkrit aksi AY.

Berikutnya, gerbong  The Dream Team yang digadang-gadang mantan Direktur Enterprise dan Wholesale Telkom ini sedang mempersiapkan pejabat-pejabat yang akan menduduki posisi yang ditinggalkan oleh personal karena dipromosikan menjadi direksi di Telkom atau Telkomsel.

Kesibukan lain yang dilakukan oleh AY dalam rangka konsolidasi internal adalah mensosialisasikan tentang Time ke Times. Telecomunication Information Media dan Edutainment (TIME) adalah jargon transformasi yang dilakukan oleh Telkom sejak 2009.

“Saya menambah huruf  “S” alias service sehingga menjadi TIMES. Telkom punya produk yang banyak dan menyasar segmen beragam. Service harus dihaja oleh semua elemen Telkom,” katanya beberapa waktu lalu.

AY menegaskan, jika terkesan Telkom memiliki produk yang saling bermain di pasar yang sama, itu tak bisa dilepaskan dari strategi merek. “Misalnya Simpati dan AS di kartu prabayar seluler. Kita posisikan AS itu attacker sementara Simpati defender. Semua ada porsinya Telkom sebagai penguasa pasar tetap terjaga,” katanya.

Menurutnya, masa depan dari produk-produk Telkom nantinya akan datang dari tiga segmen yakni eksisting market, new market, dan future market.
“Saya tebak-tebakan kalau untuk produk  bisa hidup itu harus menggarap new dan future market. Jika tak menggarap kedua pasar itu, berarti tidak berjiwa muda,” katanya.[dni]

Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s