Telkom dan Pelindo II Dirikan JV

JAKARTA – PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) dan PT Pelabuhan Indonesia II (Pelindo II) telah mendirikan perusahaan patungan (Joint Ventures/JV) dengan nama PT Indonesia Logistic Community System (ILCS) guna menggarap bisnis pelayanan solusi teknologi informasi bagi perusahaan logistik.

“Kami membuat JV tersebut pada Februari lalu. Kita menargetkan pada semester II/2012 sudah bisa operasional dengan melayani terlebih dulu pelabuhan di bawah kelola PT Pelindo II. Setelah itu baru dibidik dari pelaku usaha lainnya,” ungkap Direktur IT Solution & Strategic Portfolio Telkom Indra Utoyo di Jakarta, Kamis (3/5).

Diungkapkannya, kedua perusahaan menyiapkan investasi awal sebesar 100 miliar rupiah untuk mendirikan JV tersebut dengan komposisi saham 51 persen dari Telkom dan 49 persen sisanya dari Pelindo II. CEO dari JV ini akan diduduki wakil Telkom, sementara Komisaris Utama dari Pelindo II.

“Sisa pendanaan nantinya akan diminta perusahaan tersebut berkreasi, bisa dari pinjaman atau lainnya. Dibentuknya JV agar ada kreatifitas dalam berusaha,” katanya

Menurutnya, sebagai perusahaan baru JV ini belum dibebani target yang muluk dari sisi omset atau keuntungan. “Kita memantapkan sistem kerja dan pelayanan. Tujuan lain membentuk JV ini untuk mendukung National Single Window (NSW) dan meningkatkan daya saing logistic Indonesia,” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakannya, aksi membentuk JV ini tak bisa dilepaskan dari ditandatanganinya nota kesepahaman pembangunan Indonesia Logistics Community Services berbasis teknologi informatika pada tahun lalu yang melibatkan enam belas badan usaha milik negara (BUMN).

Dalam nota kesepahaman tersebut, pengembangan ILCS akan dipimpin  Telkom dengan inisiatif dari  Pelindo II . BUMN lain yang ikut menandatangani nota kesepahaman, antara lain, Pelindo I, Pelindo III, Pelindo IV, PT Kereta Api Indonesia, PT ASDP Indonesia Ferry, serta PT Angkasa Pura I dan II.

Berkaitan dengan aksi akuisisi, Indra menjelaskan, perseroan masih terus mencari perusahaan berbasis solusi Teknologi Informasi untuk di ambil alih. “Masalahnya di Indonesia perusahaan teknologi informasi itu terbatas. Kita terus pasang mata dan telinga jika ada yang bisa diakuisisi dan disinergikan dengan milik Telkom melalui vertical solution,” jelasnya.

Sebelumnya, Direktur Utama Pelindo II Richard Joost Lino mengakui memang mendorong dibentuknya anak usaha untuk setiap pengelolaan bisnis baru di lingkungan usahanya. “Membentuk anak usaha itu bagus karena bisa mendorong sumber daya manusia menjadi kreatif,” katanya.

Terkait dengan sistem dari  ILCS sendiri, diprediksi Lino   dilakukan pada Juli 2012. Sistem ini memungkinkan tersedianya platform layanan di antaranya E-payment, Tracking dan Tracing, Booking Shipment dan Trucking. Dengan ILCS, waktu tunggu kapal dapat diturunkan dari rata-rata 5,5 hari menjadi 4,5 hari.

“Pelindo II akan melakukan sosialisasi kepada para pengguna jasa dan kami berharap seluruh sistem ini telah mampu diadaptasi dalam jangka waktu enam bulan setelah penerapannya,” jelasnya.

Selain itu, Pelindo II  akan menerapkan peningkatan layanan bongkar muat yang ditetapkan tahun ini yang berbasis information and computer technology (ICT) di seluruh pelabuhan cabang Pelindo II.

Sebelumnya, layanan tersebut memungkinkan pemilik barang untuk mengecek keberadaan barangnya tanpa harus datang ke pelabuhan.

Menurutnya,  seluruh komponen di dalamnya dapat menurunkan waktu total peti kemas keluar dari kapal hingga keluar pintu area pelabuhan (dwelling time) dari enam hari menjadi tiga hari. “Ini akan menekan biaya logistik dan terwujudnya konektivitas nasional Indonesia,” katanya.[dni]

Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s