Telkom dan eBay Bentuk Perusahaan Patungan

JAKARTA—PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) dan eBay sepakat membentuk perusahaan patungan (Joint Ventures/JV) bernama PT MetraPlasa untuk menggarap bisnis e-commerce di Indonesia.

Direktur Utama Telkom Rinaldi Firmansyah mengungkapkan,  eBay akan menguasai sebesar 40 persen saham di MetraPlasa yang selama ini mengelola situs e-commerce Plasa.com.

“Anak usaha Telkom yang selama ini bergerak di bidang investasi untuk sektor Information, Media, dan Edutainment (IME), PT Multimedia Nusantara (Metra), menguasai 60 persen saham perusahaan tersebut. Tetapi ada opsi, kepemilikan eBay meningkat di perusahaan patungan ini,” ungkapnya  di Jakarta, Senin (16/4).

Diungkapkannya, nilai dari pembelian 40 persen saham Plasa.com itu berlipat ganda dari investasi perseroan pada 2009 lalu yang sekitar 5 juta dollar AS. “Nilai 40 persen saham itu berkali lipat. Tidak bisa disebutkan karena eBay perusahaan terbuka yang tercatat di bursa Amerika Serikat. Satu hal yang pasti, nilai uang itu ditanamkan kembali ke Plasa.com untuk pengembangan,” jelasnya.

Menurutnya, ketertarikan eBay terhadap Plasa.com tak bisa dilepaskan dari basis pelanggan mobile yang dimiliki perseroan sebesar 120 juta pelanggan. “eBay akan masuk ke pasar mobile commerce.

Kekuatan Telkom grup dengan basis pelanggan yang besar menjadi daya tarik bagi mereka,” katanya.

Direktur Utama Multimedia Nusantara (Metra) Alex J Sinaga mengungkapkan, adanya suntikan dana dari eBay akan membuat Plasa.com kian berkembang karena perusahaan tersebut adalah pemain nomor satu untuk e-commerce di dunia.

“Sebagai perusahaan investasi di bidang IME pada tahun lalu kami berhasil meraup omset sebesar 3 triliun rupiah dengan laba bersih 50 miliar rupiah. Kita akan terus melakukan aliansi strategis dengan pihak-pihak yang ahli di bidangnya untuk mengangkat bisnis anak usaha,” katanya.

Berdasarkan laporan keuangan Telkom, pada 2011 kontribusi bisnis IME mencapai 23,92 triliun rupiah atau naik 20,8 persen dibanding 2010 sebesar 19,80 triliun rupiah.

Berdasarkan data dari buku Digital Creative & Information and Communication Technology Industries terbitan Infomedia, Plasa.com telah memiliki 1.700 merchant dengan omset sekitar  10 miliar rupiah pada 2011. Sedangkan menurut riset yang dilakukan Frost & Sullivan pada 2011 total nilai transaksi e-commerce di Indonesia mencapai satu miliar dollar AS.

Menurut Senior Vice President  eBay Asia Pasifik  Jay Lee menjelaskan Indonesia merupakan pasar potensial untuk sektor e-commerce. Seiring semakin jumlah pengguna internet menunjukkan semakin membaiknya perrekonomian dalam negeri.

“Kami sangat senang bisa bekerja sama dengan Telkom dan berharap meningkatkan pengalaman belanja online di Indonesia, khususnya bagi mereka yang ingin melakukan transaksi jual beli produk ke seluruh dunia, dimanapun dan kapanpun mereka inginkan. Pada 2011 ada 17% transaksi yang berasal dari Indonesia ,” ujarnya.

Jay meyakini relasi yang kuat antara Telkom dengan pelanggannnya di seluruh Indonesia dan pengalaman eBay di pasar internasionalnya serta platform online market yang dimilikinya akan mendorong peningkatan aktivitas e-commerce di Indonesia.[dni]

 

Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s