Garuda Cetak Omset Rp 6,45 triliun

JAKARTA—PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) selama kuartal pertama 2012 mencetak omset sebesar  6,45 triliun rupiah atau tumbuh 23 persen  dari posisi kuartal pertama 2011 sebesar  5,29 triliun rupiah.

“Garuda mencatat kinerja pendapatan yang positif pada kuartal I/2012 di tengah musim sepi penumpang selama periode ini. Kuartal pertama tiap tahun sebenarnya merupakan saat-saat berat bagi bisnis penerbangan. Pada kuartal pertama itu tidak banyak liburan dan kebanyakan orang menahan diri untuk bepergian. Hampir semua maskapai di dunia mengalami masa sulit, kecuali maskapai di daerah China dan sekitarnya yang ada liburan hari raya Imlek,” ungkap Direktur Utama Garuda Indonesia Emisyah Satar di Jakarta, Senin (30/4).

Dijelaskannya, pertumbuhan tersebut disebabkan oleh kenaikan kinerja operasional. Pada kuartal pertama 2012 ini  Garuda  meraih laba komprehensif berjalan 4,9 juta dollar AS atau  meningkat dibanding kuartal pertama tahun lalu yang rugi 19,34 juta dollar AS.

Kondisi tersebut didapat dari kenaikan jumlah penumpang yang diangkut oleh Garuda pada kuartal I 2012 sebesar 25,33 persen yaitu sebanyak 4,6 juta penumpang dibanding periode yang sama tahun lalu yaitu 3,7 juta penumpang.

“Penumpang domestik mengalami peningkatan sebesar 23,01 persen dari 2,6 juta penumpang pada kuartal I 2011 menjadi 3,2 juta penumpang pada kuartal 1 2012, penumpang internasional juga meningkat menjadi 834.000 penumpang dari tahun lalu yang hanya 706.800 penumpang atau naik 18,05 persen,” jelasnya.

Menurutnya, sistem pemesanan tiket di muka (early bird) dan Garuda Fair yang memberikan potongan tiket kepada penumpang menjadi program yang mendongkrak kenaikan jumlah penumpang. Kapasitas produksi Garuda juga meningkat sebesar 16,5 persen menjadi 8,57 miliar dari 7,35 miliar seat kilometer pada periode yang sama tahun lalu.

“Kenaikan jumlah penumpang tersebut meningkatkan passanger revenue sebesar 27,5 persen yaitu sebesar 598 juta dolar AS,” katanya.

Berkaitan dengan penambahan armada, diungkapkannya, hingga kuartal pertama 2012, Garuda juga sudah menambah 64 pesawat dan pesawat untuk Citilink sebesar 9 pesawat. Dengan pesawat-pesawat baru tersebut maka pada 2012 jumlah armada Garuda akan mencapai sebanyak 105 pesawat dengan rata¿rata usia 5,8 tahun.

“Pada 2013, jumlah pesawat Garuda akan berjumlah 128, selanjutnya pada 2014 berjumlah 163 pesawat dan pada 2015 mencapai 194 pesawat dengan 33 di antaranya adalah wide body, sisanya adalah pesawat narrow body,” jelas Emir.

Dengan rata-rata harga pesawat berbadan lebar adalah 100 juta dolar AS dan berbadan kecil 50 juta dolar AS maka Garuda membutuhkan dana sekitar 11,35 miliar dolar AS hingga 2015 untuk mencapai target penambahan pesawat. “Untuk  pendanaan hingga 2013 sudah aman,” tegasnya.

Kedepannya, Emir tetap optimis Garuda akan tetap menangguk untung. Pasalnya, pasar penerbangan domestik akan tetap meningkat.  “Kami hanya perlu mewaspadai  fluktuasi harga avtur yang saat ini telah menjulang tinggi,” katanya.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, perwakilan karyawan Garuda Indonesia, Dr Ikhwan Zulhizan, menyambut gembira lancarnya pergantian jajaran direksi di Garuda dan kinerja yang positif selama kuartal pertama 2012.

“Kami menyampaikan apresiasi kepada pemegang saham yang telah menetapkan direksi Garuda yang baru, yang terdiri dari angkatan muda dan credible  sehingga program transformasi di Garuda Indonesia akan dapat berlanjut dengan baik”, katanya.

Ditegaskannya,  seluruh karyawan Garuda akan mendukung sepenuhnya program-program pengembangan Garuda ke depan dengan semangat one team, one spirit, one goal.”Kami berharap tidak ada lagi pihak-pihak yang mengganggu program pengembangan Garuda ke depan,” tandasnya.[dni]

Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s