2012-2015, Garuda Butuh Dana US$ 5,3 miliar

JAKARTA—PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) dan anak usahanya membutuhkan  dana sebesar  5,3 miliar dollar AS untuk  periode 2012-2015 guna melakukan  ekspansi usaha termasuk pengadaan armada baru dan  membangun hanggar keempat GMF Aeroasia.

“Dana sebesar itu untuk mensukseskan program Quantum Leap,” ungkap  Direktur Keuangan Garuda Indonesia Elisa Lumbantoruan di Jakarta, Rabu (25/4).

Direktur Utama Garuda Indonesia Emirsyah Satar menambahkan, maskapai yang dipimpinnya  akan menjadi bintang lima versi sky track. “Garuda kita targetkan pada program quantum leap 2015 memiliki 194 unit pesawat dari saat ini 92 unit mengatakan Garuda Indonesia dan anak usaha. Kita butuh modal kerja yang besar, jika ada bank berminat, tentu akan senang sekali, terutama untuk membangun hangar keempat milik GMF pendirian hotel di setiap ibukota provinsi untuk Aerowisata,” katanya.

Dijelaskannya, ekspansi yang dilakukan Garuda tak bisa dilepaskan dari  potensi pasar Indonesia baik di perbankan maupun di maskapai sangat besar.Tercatat,  pertumbuhan ekonomi Indonesia sebesar 6,7%, pendapatan per kapita Indonesia sudah mencapai 3.300 dollar AS dengan 10% kelas menengah-atas.

“Karena itu kita senang sekali bersinergi dengan perbankan. Baik itu sinergi pemasaran atau pendanaan, seperti yang dilakukan dengan PT Bank Jabar Banten Tbk (Bank BJB),” katanya.

Diungkapkannya,  melalui nota kesepahaman dengan BJB,   kedua perusahaan sepakat untuk melaksanakan kerjasama dalam berbagai bidang yang saling menguntungkan untuk meningkatkan sinergi sesuai dengan jenis usaha masing-masing pihak, dimana Bank BJB serta nasabahnya dapat menikmati layanan Garuda Indonesia dan pihak Garuda Indonesia dapat memanfaatkan layanan perbankan dari bank ini.

“Bank BJB merupakan salah satu bank daerah terbesar di Indonesia yang terus berkembang dan telah memiliki kantor-kantor cabang, tidak hanya di Jawa Barat dan Banten, namun juga tersebar di kota-kota besar Indonesia lainnya, sehingga menjadikannya sebagai pangsa pasar yang cukup potensial bagi Garuda Indonesia. Dengan kerjasama dan sinergi ini kiranya dapat memberikan nilai tambah bagi kedua perusahaan dalam upaya mendukung program transformasi yang tengah dijalankan kedua perusahaan,” tuturnya.

Direktur Pemasaran dan Penjualan Garuda Indonesia M. Arif Wibowo menambahkan,  ditandatanganinya nota kesepahaman dengan Bank BJB tersebut, Garuda akan memiliki kesempatan untuk meningkatkan pangsa pasarnya mengingat saat ini Bank BJB memiliki lebih dari 1,5 juta nasabah di daerah Jawa Barat dan Banten maupun wilayah lainnya di Indonesia.

Diungkapkannya,   pada tahun ini, Garuda Indonesia menargetkan untuk menjalin kerjasama dengan 1.600 corporate partner dengan target pendapatan sebesar 3 triliun rupiah. Hingga saat ini Garuda Indonesia telah melaksanakan kerjasama corporate sales dengan lebih dari 1.469 perusahaan besar di Indonesia.

Pada kesempatan sama, Direktur Utama Bank BJB Bien Subiantoro  berharap upaya pengembangan network dan kerjasama dengan Garuda  akan semakin memudahkan nasabahnya dalam melakukan perjalanan dengan transportasi udara maupun dalam melakukan transaksi lainnya.

“Kami miliki 5.000 karyawan, dengan cabang induk sebanyak 56 unit dan 460 jaringan yang tersebar di Jabar dan Banten, Batam, Pekanbaru, Lampung, Palembang, Balikpapan, Semarang, Surabaya, Solo,” tuturnya.

Berkaitan dengan  kebutuhan pembiayaan untuk Garuda dan grupnya, Dijelaskan Bien, banknya   siap mendanai hingga 1,2 triliun rupiah, sesuai Batas Maksimum Pemberian Kredit (BMPK).

Diungkapkannya, pada tahun lalu pihaknya sudah membantu pembiayaan renovasi hotel di Bandung milik anak usaha Garuda Indonesia. “Kami siap membantu pendanaan ekspansi Garuda dan anak usahanya, dana yang tersedia sudah ada sesuai BMPK,” jelasnya.[dni]

Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s