XL Belum Tahu Etisalat akan Hengkang

JAKARTA—Manajemen PT  XL Axiata Tbk (XL) mengaku belum mengetahui rencana  salah satu pemegang sahamnya, Emirates Telecommunications Corporation (Etisalat), melepas kepemilikan di operator tersebut.

“Belum ada informasi lebih lanjut soal adanya rencana Etisalat melepas sahamnya di XL. Saya belum tahu rencana tersebut,” ungkap Presiden Direktur XL Axiata Hasnul Suhaimi di Jakarta, Rabu (14/3).

Dikatakannya,  hingga saat ini  belum dapat memberikan keterangan soal pemberitaan di media massa bahwa Etisalat akan keluar dari XL Axiata. “Kami sekarang sedang fokus pada target-target yang ditetapkan perusahaan,” katanya.

Diungkapkannya, pada tahun ini perseroan   menargetkan pendapatan bisa tumbuh hingga 8 persen, dari realisasi pendapatan 2011 sebesar 18,9 triliun rupiah. “Tahun ini  industri telekomunikasi  diperkirakan tumbuh 6-8 persen, tapi XL memiliki target menyamai pertumbuhan industri atau lebih,” katanya.

Dijelaskannya, guna mencapai target tersebut XL  mengalokasikan belanja modal   sebesar 7 triliun-8 triliun rupiah. “Investasi 2012 tersebut lebih tinggi dari tahun 2011 sebesar 6,5 triliun rupiah,” ujarnya.

Sumber dana capex 2012 dibiayai dari kas internal perseroan, selebihnya dari pinjaman perbankan. “Kas internal XL tahun 2011 mencapai 9,3 triliun rupiah  sehingga sangat dimungkinkan untuk menarik pinjaman perbankan,” ujarnya.

Dia optimistis perseroan akan menikmati pengurangan biaya pada tahun ini  sejalan dengan  menuntaskan pembayaran utang jatuh tempo obligasi perusahaan sebesar 1,5 triliun rupiah.

Sebelumnya dikabarkan, operator Etisalat ingin melepas 13,29 persen kepemilikan sahamnya di Axiata dan mengincar dana segar sekitar US$ 600- US$ 700 juta.  Keputusan tersebut diambil oleh Etisalat karena negosiasi untuk memperluas kepemilikan dengan Axiata sebagai pemegang saham mayoritas gagal.

Etisalat dikabarkan telah menyewa  JPMorgan dan  Morgan Stanley untuk menangani transaksi. Operator ini  membeli saham XL pada 2007 total US$ 440 juta sebagai bagian dari strategi memperluas pasar di Asia. Jika aksi itu terjadi ini kedua kalinya Etisalat keluar dari negara Asia setelah keluar dari India.

Saham XL pada penutupan perdagangan saham Rabu (14/3) 4.600 rupiah dengan jumlah saham diperdagangkan sebanyak 3.4.700.000 lembar. Nilai kapitalisasi XL diperkirakan   39,19 triliun rupiah.[dni]

Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s