TelkomSigma Siapkan Rp 700 Miliar Bangun Data Center

JAKARTA—PT TelkomSigma menyiapkan dana sebesar 700 miliar rupiah untuk membangun dua data center dimana masing-masing diperkirakan seluas 15 ribu meter untuk memperkuat bisnis Cloud Computing.

“Target TelkomSigma pada tahun ini memiliki 4 Data Center. Dua sudah ada, sisanya akan dibangun pada tahun ini dimana satu data center diperkirakan menelan investasi sekitar 350 miliar rupiah,” ungkap Presiden Direktur  TelkomSigma  Rizkan Chandra di Jakarta, Kamis (15/3).

Diungkapkannya, perseroan pada tahun ini memiliki belanja modal sekitar 230 miliar rupiah diluar untuk pembangunan  dua data center tersebut. “Sekitar 200 miliar rupiah telah disediakan oleh induk usaha PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom), sisanya kami mendapatkan pinjaman dari bank swasta dan pemerintah. Adanya dana segar dari induk usaha itu, menjadikan TelkomSigma berpotensi mendapatkan pinjaman dari luar sekitar 600 miliar rupiah,” jelasnya.

Dikatakannya, pada tahun ini perseroan membidik omset sebesar 750 miliar rupiah atau tumbuh 29 persen dari 2011 sebesar 578 miliar rupiah. “Kita membidik pada 2014 memiliki omset sebesar satu triliun rupiah. Sedangkan margin harus selalu di atas rata-rata industri yang sekitar 12013 persen,” katanya.

Lebih lanjut  diungkapkannya, peluang untuk meningkatkan omset salah satunya di pasar cloud computing dimana nilai pasarnya mencapai satu hingga dua triliun rupiah pada tahun ini. “Kita bidik bisa mendapatkan 80 miliar rupiah. Itulah salah satu alasan kita bangun data center,” katanya.

Selain itu potensi lain dari solusi Teknologi Informasi seperti Arium hasil kolaborasi dengan LG Consulting and Solutions (LG CNS) untuk pasar modal.

ARIUM  merupakan solusi untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses bisnis yang kompleks dan didukung oleh  integrated solutions tepat-guna sesuai dengan kebutuhan industri keuangan khususnya industri sekuritas di Indonesia.

Direktur IT Solution & Strategic Portfolio Telkom Indra Utoyo mengungkapkan, Telkomsigma mengalami pertumbuhan yang sangat berarti sejak sahamnya dimiliki Telkom 100% melalui PT. Multimedia Nusantara pada Agustus 2010.

“Terbukti dengan pertumbuhan revenue yang hampir mencapai 100% dari target serta berbagai ekspansi bisnis yang didukung sepenuhnya oleh Telkom. Sejak dibeli dulu, Telkom telah menggelontorkan dana sebesar 400 miliar mendukung TelkomSigma,”ungkapnya.[dni]

Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s