Susi Air Kaji Terbitkan Obligasi

JAKARTA–Maskapai penerbangan Susi Air tengah mengaji menerbitkan obligasi untuk memenuhi belanja modal 2012 sekitar 100 juta dollar AS jika tidak berhasil mendapatkan pinjaman dari perbankan.

“Jika kita tidak mendapatkan pinjaman dari perbankan, bisa saja diterbitkan obligasi untuk menutup belanja modal. Pasalnya kas internal hanya mampu menutup belanja modal sebesar 20 persen,” ungkap Presiden Direktur Susi Air,  Susi Pudjiastuti di Jakarta, Kamis (12/4).

Diungkapkannya,perseroan tengah terlibat pembicaraan serius dengan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) untuk pemenuhan belanja modal tersebut. “Kita memiliki rekam jejak yang baik dengan BRI. Saya optimistis BRI akan bantu,” katanya.

Ditegaskannya, tidak hanya dengan BRI, bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN) seperti BNI juga menjalin kerjasama yang baik dengan maskapainya. “Pembiayaan empat pesawat tipe caravan Susi Air dibiayai oleh BNI sebesar 60 miliar rupiah,” ungkapnya.

Dikatakannya, perseroan pada tahun ini  berencana mendatangkan maksimal 16 pesawat yang membutuhkan dana sekitar 100 juta dollar AS. Pesawat yang akan didatangkan adalah tipe  baling-baling seperti Cessna C208B Grand Caravan, Piaggio P180 Avanti, dan Pilatus PC-6 Porter.

“Kami tahun ini membidik omset naik 20 persen ketimbang tahun lalu yang sebesar 200 miliar rupiah. Tahun lalu kita mengangkut 35-40 ribu penumpang, tahun ini kita harapkan naik menjadi 50 ribu penumpang. Kita makin optimistis target omset tercapai karena memenangkan juga rute perintis  dengan pagu anggaran 25 miliar rupiah di Kuasa Pemegang Anggaran (KPA) Kalimantan sebanyak 15 rute,” ungkapnya.

Saat ini Susi Air memiliki 47 pesawat terdiri dari jenis Cessna C208B Grand Caravan, unit Pilatus PC-6 Porter,  Piaggio P180 Avanti,  dan helikopter. Pesawat jenis Cessna selama ini dioperasikan untuk rute-rute antarkabupaten di pedalaman Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua. Pesawat berkapasitas 12 kursi-14 kursi tersebut dipesan langsung dari Cessna Aircraft Company yang bermarkas di Wichita, Kansas, Amerika Serikat. Sementara Piaggio P180 Avanti adalah pesawat turboprop bermesin ganda dari Italia yang dibuat Piaggio Aero berkapasitas sembilan kursi.

Sebelumnya perseroan memprediksi untuk periode 2011-2013 perseroan membutuhkan belanja modal sebesar US$ 350 juta yang sebagian besar dialokasikan untuk memperkuat armada dan kebutuhan operasi perusahaan.[dni]

Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s