Saham Garuda Ditawarkan 10% Di atas Harga Pasar

JAKARTA—Kementrian Badan Usaha Milik Negara (KemenBUMN) akan melepas sisa saham PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) di tiga sekuritas di kisaran 10 persen di atas harga pasar.

“Sisa saham Garuda di tiga penjamin emisi yang kebetulan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu akan dilepas 10 persen di atas harga pasar yang ada saat ini. Saya sudah tawarkan kepada para pengusaha lokal,” ungkap Menteri BUMN Dahlan Iskan di Jakarta, Selasa (13/3).

Dijelaskannya, langkah menjual sisa saham Garuda kepada investor tersebut harus dilakukan agar tiga penjamin emisi tidak rugi. “Kasihan kita kepada tiga penjamin emisi itu. Saya menargetkan pada Maret ini sudah ada transaksi yang closed,” katanya.

Dahlan juga mengungkapkan,  pihaknya  sudah menawarkan saham Garuda Indonesia kepada lima pengusaha nasional. Kelima pengusaha itu adalah   Nirwan Bakrie, Sandiaga Uno, Rachmat Gobel, Chairul Tanjung, dan Antoni Salim.

Penawaran dilakukan  pada  Sabtu,(11/3), namun yang sudah menyampaikan respon baru tiga yaitu Sandiaga, Gobel dan Chairul.  “Ketiganya sudah membalas pesan, dengan jawaban akan segera menjajaki penawaran ini,” katanya.

Berdasarkan catatan,  saat ini sebanyak 10,88 persen saham penawaran perdana (IPO) Garuda atau sekitar 10,88 persen masih berada di tiga penjamin emisi yaitu PT Bahana Sekuritas, PT Danareksa, dan PT Mandiri Sekuritas.

Tiga BUMN sekuritas tersebut terpaksa menyerap saham perdana Garuda karena saat IPO tidak laku di pasar saham saat karena dinilai terlalu mahal.

Jika mengacu pada harga penutupan Garuda, Senin (12/3) sebesar Rp570 per lembar, maka total nilai saham yang akan ditawarkan tersebut mencapai sekitar 1,402 triliun rupiah. Sedangkan saham Garuda sepanjang Selasa (13/3) ditawrkan dengan harga terendah 570 rupiah dan tertinggi 590 rupiah dengan volume saham diperdagangkan 4.008.500 lembar. Nilai pasar dari GIAA sendiri sekitar 13.13 triliun rupiah.

EVP Corporate Communication Mandiri Sekuritas Febriati Nadira mengatakan, perseroan akan melepas bersama dengan dua penjamin emisi lainnya saham Garuda dengan harga terbaik melalui mekanisme bidding.

“Kami akui masih adanya sisa saham Garuda mempengaruhi bisnis, tetapi tidak sampai  menganggu aktivitas bisnis Mandiri Sekuritas. Target Mandiri Sekuritas tahun ini menjamin  emisi sebesar  9-10 triliun rupiah masih dilakukan,” tegasnya.[dni]

Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s