KPPU Terima Tiga Notifikasi Akuisisi

JAKARTA—Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) selama bulan Maret 2012 telah menerima tiga  notifikasi akusisi.

Juru bicara KPPU A.Junaidi mengungkapkan notifikasi tersebut berasal dari aksi akuisisi Hynix Seminconductor Inc oleh SK Telecom,  akuisisi PT Mitra Alam Segara Sejati oleh PT Mitrabahtera Segara Sejati Tbk,  dan akuisisi PT Platinum Teknologi oleh PT Solusi Tunas Bangsa Tbk.

“Saat ini ketiga notifikasi tersebut sedang dalam proses pemeriksaan kelengkapan dokumen hingga 30 hari kerja sejak ketiga Pemberitahuan (notifikasi) itu dilaporkan ke KPPU,” katanya melalui keterangan tertulis yang diterima Selasa (27/3).

Dijelaskannya, notifikasi akuisisi Hynix Seminconductor Inc oleh SK Telecom Co. Id disampaikan pada tanggal 14 Maret 2012 dengan nomor register A10912, notifikasi akuisisi PT Mitra Alam Segara Sejati oleh PT Mitrabahtera Segara Sejati Tbk disampaikan pada tanggal 19 Maret 2012 dengan nomor register A11012 dan notifikasi akuisisi PT Platinum Teknologi oleh PT Solusi Tunas Bangsa Tbk disampaikan pada tanggal 16 Maret 2012 dengan nomor register A11112.

Setelah dokumen dinyatakan lengkap dan transaksi memenuhi threshold, KPPU akan melakukan penilaian dengan menggunakan analisis konsentrasi pasar, hambatan masuk pasar, potensi perilaku anti persaingan, efisiensi dan atau kepailitan.

Sebagaimana diketahui, berdasarkan PP No.57/2010, akuisisi wajib diberitahukan secara tertulis dalam 30 (tiga puluh hari kerja) kepada KPPU bila akumulasi nilai asset hasil akuisisi sebesar 2,5 triliun rupiah dan nilai omset 5 triliun rupiah, sementara bagi pelaku usaha di bidang perbankan bila tercapai aset 20 triliun rupiah.

Berdasarkan notifikasi secara tertulis tersebut, KPPU melakukan penilaian untuk memberikan pendapat terhadap ada atau tidaknya dugaan praktik monopoli dan atau persaingan usaha tidak sehat akibat akuisisi tersebut.

Hingga saat ini, KPPU telah menerima 57 laporan notifikasi atas kegiatan merger atau akusisi yang dilakukan pelaku usaha. Duapuluh empat (24) atau 42 % diantaranya telah diberikan Pendapat oleh KPPU.

“Notifikasi ini merupakan kesempatan bagi pelaku usaha untuk memastikan bahwa ekspansi korporasi yang dilakukannya tidak menimbulkan praktek monopoli dan dalam koridor hukum persaingan usaha,” jelasnya.

Berdasarkan catatan, SK Telecom Co, telah   mendapatkan persetujuan dari Komisi Persaingan Perdagangan Korsel untuk mengakuisisi 21 persen saham Hynix Semiconductor Inc.  SK Telecom membeli seharga 3,4 triliun won ($3 miliar).

Sementara  Solusi Tunas   melakukan akuisisi terhadap saham Platinum Teknologi  dengan nilai sebesar 110 miliar rupiah  atau 75% kepemilikan dari Tower Technologi Lte Ltd. Perjanjian jual beli saham Platinum Teknologi tersebut sudah terlaksana pada tanggal 16 Februari 2012.[dni]

Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s