KPPU Restui Aksi Akuisisi Agung Podomoro

JAKARTA—Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) merestui aksi korporasi PT Agung Podomoro Land Tbk untuk mengambilalih saham  PT. Buana   Surya  Makmur, PT. Pesona  Gerbang  Karawang , dan   PT. Griya   Pancaloka.

“Berdasarkan Undang-undang anti monopoli, tidak ada indikasi terjadinya praktik persaingan tidak sehat jika aksi korporasi itu dilakukan,” ungkap Juru bicara KPPU A. Junaidi dalam keterangan tertulisnya Selasa (6/3).

Dijelaskannya,  Agung Podomoro Land  adalah suatu perseroan yang melakukan kegiatan usaha dalam bidang pembangunan dan pengembangan, investasi, perdagangan, perindustrian, jasa dan angkutan. Sementara   Buana Surya Makmur (BSM) merupakan perseroan yang menjalankan kegiatan usaha di bidang perdagangan, jasa, perindustrian, pembangunan, pertambangan, pengangkutan darat, pertanian, perbengkelan, dan percetakan, jasa, dan perbengkelan, kecuali jasa bidang hukum dan pajak.

Pada saat ini, kegiatan usaha utama BSM adalah bergerak dalam bidang properti namun belum melakukan penjualan. Nilai aset BSM pada tahun 2010 adalah sekitar  312.790 miliar rupiah.

Sedangkan   Pesona Gerbang Karawang (PGK) merupakan perseroan yang bergerak di bidang usaha industri pembangunan, perdagangan, pertambangan, agrobisnis, angkutan, jasa dan percetakan. Pada saat ini, kegiatan usaha utama PGK adalah bergerak dibidang properti namun belum melakukan penjualan. Nilai aset PGK pada tahun 2010 adalah  35.016 miliar rupiah.

Terakhir, PT Griya Pancaloka merupakan perseroan yang menjalankan usaha dalam bidang perhotelan, berikut segala sarana dan prasarananya, termasuk wisata bahari.

Melalui Surat Penetapan Nomor 72/KPPU/Pen/X/2011 tanggal tanggal 4 Oktober 2011 menyatakan melakukan Penilaian atas Pemberitahuan ini mengingat transaksi telah memenuhi batasan (threshold) omset dan asset minimal dilakukannya Penilaian. Pasal 5 (2) PP 57/2010 menyatakan bahwa suatu transaksi akuisisi akan diadakan Penilaian apabila : (a). asset gabungan dari transaksi ini melebihi  2,5 triliun rupiah dan atau (b). omset gabungan melebihi  5 triliun rupiah.

Dalam proses pemeriksaan dokumen diketahui bahwa nilai aset gabungan sesuai dengan ketentuan Pasal 5 ayat (2) PP 57/2010 terpenuhi, dijelaskan sebagai berikut: PT Agung Podomoro Land Tbk dengan PT Buana Surya Makmur sebesar Rp.7.877.410.310.018,00,- (Tujuh Trilliun Delapan Ratus Tujuh Puluh Tujuh Miliar Empat Ratus Sepuluh Juta Tiga Ratus Sepuluh Ribu Delapan Belas Rupiah);

PT Agung Podomoro Land Tbk dengan PT Pesona Gerbang Karawang sebesar Rp.7.599.635.898.679,00,- (Tujuh Trilliun Lima Ratus Sembilan Puluh Sembilan Miliar Enam Ratus Tiga Puluh Lima Juta Delapan Ratus Sembilan Puluh Delapan Ribu Enam Ratus Tujuh Puluh Sembilan Rupiah);

PT Agung Podomoro Land Tbk dengan PT Griya Pancaloka sebesar Rp.7.877.023.767.137,00,- (Tujuh Trilliun Delapan Ratus Tujuh Puluh Tujuh Miliar Dua Puluh Tiga Juta Tujuh Ratus Enam Puluh Tujuh Ribu Seratus Tiga Puluh Tujuh Rupiah).

Lebih lanjut diungkapkan,   Agung Podomoro Land   akan  mengambilalih sebesar 99,9 persen  saham   Buana Surya Makmur,   75% saham Griya Pancaloka,  dan  90% saham PPesona Gerbang Karawang.

Pengambilalihan PT Buana Surya Makmur merupakan upaya untuk mengembangkan usaha di bidang apartemen, pengambilalihan PT Pesona Gerbang Karawang. merupakan upaya untuk mengembangkan usaha di bidang perumahan, sedangkan pengambilalihan PT Griya Pancaloka merupakan upaya untuk mengembangkan usaha di bidang perhotelan

“KPPU menyimpulkan bahwa pengambilalihan Saham PT Buana Surya Makmur, PT Pesona Gerbang Karawang, dan PT Griya Pancaloka oleh PT Agung Podomoro Land Tbk tidak berdampak signifikan pada pangsa pasar pengembang di Indonesia karena perusahaan yang diakuisisi terletak pada pasar geografis yang berbeda,” katanya.[dni]

Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s