Grup Bakrie Berminat Beli Garuda

JAKARTA—Grup Bakrie dikabarkan menyusul tiga pengusaha lokal lainnya menyatakan minat untuk membeli sisa saham PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) yang masih tersisa di penjamin emisi.

“Tadi pagi saya mendapat pesan singkat (SMS)  dari Nirwan Bakrie. Intinya, kelompok usaha Bakrie akan mempelajari penawaran pembelian saham Garuda yang saya sampaikan kepada mereka,” ungkap  Menteri BUMN Dahlan Iskan, di Jakarta, Kamis (15/3).

Hal ini berarti keluarga Bakrie menyusul  pengusaha Rahmat Gobel, Sandiaga Uno dan Chairul Tanjung menyambut ajakan Dahlan Iskan melalui pesan singkat yang disebarkannya ke lima pengusaha pekan lalu.

Saat ini sebanyak 10,88 persen saham perdana (IPO) Garuda dengan nilai sekitar  1,45 triliun rupiah  masih berada di tiga penjamin emisi, yaitu Bahana Sekuritas, Danareksa Sekuritas, dan Mandiri Sekuritas setelah menyerap IPO Garuda akibat tidak laku di pasar tahun lalu.

Akibatnya ke tiga perusahaan tersebut mencatat potensi kehilangan pendapatan karena hingga saat ini saham tersebut belum kunjung terjual.

Menurut Dahlan, setelah adanya respons dari beberapa pengusaha untuk membeli saham maskapai pelat merah tersebut,  kewajibannya untuk menyelamatkan saham Garuda sudah selesai.

“Bahwa nanti ada yang berminat alhamdulilah, kalau pun tidak ada yang mau ya apa boleh buat. Selanjutnya saya serahkan kepada ketiga perusahaan sekuritas untuk mengambil keputusan,” ujarnya.

Disarankannya,  ketiga perusahaan sekuritas tersebut harus cepat harus cepat menindaklanjutinya, dengan menyiapkan pola penawarannya apakah melalui tender, ataupun penjualan strategis.

“Saya serahkan kepada mereka (perusahaan sekuritas). Saya tidak mau ikutan lagi, saya tidak akan mencampuri cara mereka untuk menyelesaikan penawaran itu,” ujarnya.

Diharapkannya,  di antara perusahaan sekuritas tersebut tetap kompak dengan melepas secara bersamaan. “Harga saham Garuda harus dilepas minimal 10 persen di atas harga pasar terakhir. Selebihnya terserah mereka,” ujarnya.

Sebelumnya, EVP Corporate Communication Mandiri Sekuritas Febriati Nadira mengatakan perseroan akan melepas bersama dengan dua penjamin emisi saham Garuda lainnya, dengan harga terbaik melalui mekanisme bidding. “Kami akui masih adanya sisa saham Garuda memengaruhi bisnis, tetapi tidak sampai menganggu aktivitas bisnis Mandiri Sekuritas,” tegasnya

Harga saham Garuda hingga Kamis (15/3) siang Rp 620. Harga ini mengalami kenaikan sejak awal pekan setelah dahlan mengungkapkan adanya upaya mengajak pengusaha lokal membeli saham tersisa di tiga penjamin emisi.[dni]

Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s