Garuda Raih Kontrak Global

JAKARTA–PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA)  meraih kontrak global untuk pelanggan korporasi  melalui keberhasilan menggandeng Shell International Limited.

Direktur Utama Garuda Indonesia Emirsyah Satar mengungkapkan, kerjasama corporate account global contract dengan Shell Indonesia adalah  akun global pertama yang didapat perseroan.

“Ditargetkan tahun ini ada 20 kontrak global lagi yang akan menyumbang 15 persen atau 450 miliar rupiah dari target pendapatan penjualan korporasi 2012 sebesar 3 triliun rupiah,” ungkapnya di Jakarta, akhir pekan lalu.

Diungkapkannya, perseroan pada tahun ini masih membidik   15-20 akun korporasi global untuk meraih target yang ditetapkan.

Dijelaskannya, melalui kerjasama itu   Garuda berupaya  untuk meningkatkan pangsa pasarnya, serta untuk mendukung mobilitas karyawan Shell International Limited, baik perjalanan dinas maupun pribadi karyawan beserta keluarga. Melalui kerjasama ini, Shell menunjuk Garuda menjadi salah satu maskapai penerbangan resminya.

“Karyawan Shell akan memakai Garuda untuk bepergian, dari dan ke Belanda, Singapura, Jepang, Hong Kong, dan semua destinasi Garuda,” kata Emirsyah.

Presiden direktur & Country Chairman Shell Indonesia Darwin Silalahi  mengatakan pemilihan perusahaan yang dijadikan mitra global account oleh Shell sebenarnya susah, karena bukan hanya berdasarkan pelayanan, juga pada faktor keselamatan.

“Kami tidak akan pakai maskapai yang tidak memenuhi standar keselamatan penerbangan. Kami pilih Garuda karena kami menilai maskapai ini sudah lolos dari standar keselamatan yang kami tentukan. Dilihat dari pembenahan perseroan, Garuda nambah pesawat, kinerja baik. Kami bangga bersanding dengan Garuda,” tutur Darwin.

Dia menambahkan global account Shell, dalam 3 tahun terakhir, tercatat nomor 1 dan 2 dunia. Jumlah karyawan mencapai 80.000 orang tersebar di 80 negara. “Kami yang terbesar di dunia dari sisi global account. Mudah-mudahan 15 global account tahun ini yang ditarget Garuda bisa terpenuhi,” tuturnya.

Darwin mengatakan pemilihan Garuda sebagai mitra global account ini setelah seleksi oleh manajemen Shell di London. “Persetujuannya  dari London, seleksi langsung dari kantor pusat,” katanya.

Diungkapkannya,   kerjasama global account dengan Garuda ini untuk 3 tahun. Khusus untuk peluang kerjasama lainnya, yakni memasok bahan bakar untuk pesawat Garuda, harus dilihat dari skala ekonominya.

“Kami melayani pengisian bahan bakar pesawat di 1.100 bandara di dunia, melayani berbagai maskapai. Kami akan paket dan durasi untuk skala ekonomi. Di Indonesia kami belum memiliki kapabilitas melayani maskapai. Kami siap bicara dengan pemerintah untuk berpartisipasi,” tuturnya. Darwin.

 

Emirsyah mengatakan konsumsi bahan bakar avtur Garuda setiap tahun mencapai 1,1 miliar liter, dengan 700.000 liter diantaranya dipasok dari Pertamina yakni untuk penerbangan domestik

“Sisanya dipasok di bandara-bandara di luar negeri yang kami singgahi. Untuk penentuan perusahaannya menggunakan sistem tender,” ungkap Emirsyah.

Peluang Shell, lanjut Emirsyah, sangat terbuka karena pihaknya terus melakukan pengembangan usaha dengan menambah jumlah armada.[dni]

Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s