Gandeng BRI Syariah, Telkom Kembangkan Uang Digital

JAKARTA— PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) menggandeng PT  Bank BRI Syariah guna mengembangkan layanan uang digital.

“Kami menggandeng BRI Syariah untuk memperkuat layanan uang digital seperti Delivery Money Access (Delima) yang melayani   remittance. Porsi  Telkom berperan sebagai penyelenggara layanan dan BRISyariah sebagai mitra perbankan,” ungkap   Direktur Enterprise & Wholesale Telkom Arief Yahya di Jakarta, Rabu (11/4).

Diungkapkannya, tujuan kerjasama Telkom dengan BRISyariah untuk memperkuat jaringan agen Delima. Keunggulan  BRI Syariah yang memiliki 103 kantor cabang dan didukung oleh 152 ATM dan sekitar

6,500 mitra loket pembayaran dengan 700 loket dapat disinergikan untuk memperkuat layanan Delima sebagai menjadi cash point.

Direktur Bisnis BRISyariah Ari Purwandono mengharapkan, dari kerjasama ini  dapat meningkatkan pendapatan bank dari fee based income dan berbagai cross-selling program dengan Telkom.  “Delima sebuah layanan yang unik dan telah  berkembang pesat, karenanya kami memandang penting kerjasama ini,” kata Ari.

Delima atau Delivery Money Access adalah produk pengiriman uang (remittance) domestik dan internasional yang memberikan kemudahan untuk mengirim uang bagi masyarakat pada cash point yang berlogo Delima (Agent to Agent Service) atau melalui Handphone (Peer to   Peer Service).

Menurut Ari, bisnis remittance menjanjikan karena Indonesia merupakan negara dengan jumlah tenaga kerja yang besar dengan distribusi utama di Saudi Arabia, Malaysia, Korea Selatan dan Hongkong . Layanan remittance dimaksud meliputi pengiriman uang baik secara cash to cash maupun cash to account.  “ Potensi devisa TKI sebesar 156 triliun rupiah, sangat menarik untuk digarap bersama,” katanya.

Delima dikomersialkan Telkom pada semester kedua 2011 dengan nilai investasi  15-20 miliar rupiah. Perseroan mengharapkan dalam jangka tiga-emapt tahun nilai investasi yang ditanamkan itu dapat kembali.

Bisnis pengiriman uang ini lumayan besar nilainya. Diperkirakan dari luar negeri ada uang sebesar 156 triliun rupiah yang dikirimkan ke negeri ini. Sedangkan di dalam negeri  yang dikirimkan mencapai 1,4 miliar dollar AS. Semua itu terjadi melalui 300 juta transaksi setiap tahunnya.

Telkom berharap dalam waktu tiga tahun pertama akan ada 20 persen dari 300 juta transaksi itu yang menggunakan Delima.[dni]

Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s