BTS XL Tembus 30 Ribu

JAKARTA—PT  XL Axiata (XL) berhasil menembus jumlah BTS melebihi 30 ribu site untuk 2G dan 3G guna mendukung memberikan layanan telekomunikasi berkualitas bagi sekitar 46,4 juta pelanggannya.

Presiden Direktur XL  Hasnul Suhaimi melalui keterangan tertulisnya  mengatakan,   tercapainya jumlah yang melebihi 30 ribu BTS tersebut semakin menjamin luasnya cakupan layanan XL (wider coverage), kapasitas layanan yang semakin besar (bigger capacity), serta kualitas layanan yang lebih baik (better quality) sehingga masyarakat Indonesa akan semakin nyaman dalam melakukan aktifitas komunikasi.

“Ketiga hal tersebut adalah syarat yang harus dilakukan XL mengingat jumlah pelanggan yang terus bertambah dan kini mencapai lebih dari 46,4 juta, juga karena meningkatnya permintaan pelanggan atas layanan data guna mendukung aktivitas mereka,” katanya.

Diungkapkannya, untuk mengimplementasikan ketiga hal itu, dari tahun ke tahun, XL melakukan peningkatan kualitas jaringan. Di tahun 2012 XL telah menetapkan belanja modal sebesar  7-8 triliun rupiah  di mana lebih dari 60 persen  akan khusus dialokasikan untuk mendukung bisnis layanan data termasuk untuk pengembangan infrastruktur jaringan.

Pengembangan infrastruktur ini perlu dilakukan di semua lapisan jaringan, mulai dari akses,backhaul, jaringan inti, juga backbone transmisi. Dari lebih 30 ribu BTS tersebut tersebar di Jawa (62%), Sumatera (20%), dan Kawasan Timur Indonesia (Kalimantan, Sulawesi, Maluku, & Papua) (8,5%).

Dijelaskannya,  20 persen dari  30 ribu BTS yang dimiliki di antaranya adalah BTS 3G. Saat ini XL berfokus pada pengembangan cakupan, terutama jaringan 3G karena lebih efisien. Tahun 2011 lalu, dari lebih 6.000 BTS baru, sebanyak 36% adalah Node B untuk jaringan 3G. Dengan demikian hingga akhir tahun 2011, XL memiliki 4.910 Node B di seluruh Indonesia.

Untuk tahun 2012, XL berencana membangun lagi sekitar 6000 BTS baru, di mana sekitar 4000 BTS di antaranya merupakan  BTS 3G. Pembangunan jaringan 3G ini termasuk mencakup kota kecil dan  bahkan pedesaan. Beberapa jaringan Node B XL di daerah tertentu akan menggunakan teknologi HSDPA sehingga bisa menyediakan akses internet cepat.

XL juga melakukan beberapa modernisasi jaringan untuk mengubah BTS 2G dan 3G-nya ke teknologi Single RAN dan teknologi LTE. Pada akhir 2011, XL telah menyelesaikan pekerjaan modernisasi di beberapa daerah di Kalimantan dan Sumatera serta jaringan 3G di Jabodetabek. Selain itu, untuk mengantisipasi peningkatan lalu-lintas data karena penggunaan yang semakin besar, XL memastikan jaringan backhaul yang dimiliki mempunyai kapasitas sangat tinggi dengan menggunakan tekonologi yang paling efisien dan berkapasitas tinggi. Untuk itu XL mengadopsi teknologi baru yang menggunakan IP atau serat optik, dan memodernisasi jaringan.

Saat ini, semua RAN Backhaul dan sebagian RAN XL telah menggunakan teknologi IP yang memungkinkan kapasitas untuk naik menjadi 155 Mbps, jauh lebih tinggi dibanding teknologi lama yang hanya 20 Mbps.

Pada tahun 2011, transmisi XL dapat mengakses jaringan menggunakan kombinasi antara gelombang mikro dan serat optik. XL juga telah menggunakan teknologi hibrida yang menggabungkan teknologi TDM dengan IP dalam satu sistem. Saat ini, lebih dari 50 persen Node B XL telah tersambung dengan teknologi IP. Implementasi penuh sistem IP akan dilakukan pada tahun 2012.

Sementara itu, untuk backbone, XL memiliki jaringan backbone nasional yang menghubungkan semua daerah di Indonesia. Saat ini semua backbone XL di Jawa, Sumatera, dan Kalimantan telah menggunakan kabel serat optik. XL juga mengoperasikan jaringan transmisi gelombang mikro di daerah di luar Jawa yang didukung oleh jaringan VSAT untuk menyediakan kapasitas jaringan dan cakupan di beberapa daerah terpencil di Indonesia.[dni]

Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s