Waktu Uji KIR Dipercepat

JAKARTA—Kementrian Perhubungan (Kemenhub)  akan mempercepat uji kelayakan kendaraan bus antar kota antar provinsi provinsi (AKAP) yang biasanya enam bulan sekali menjadi dua bulan sekali guna menekan angka kecelakaan dan meningkatkan jaminan keselamatan di jalan raya.

“Saya takutnya 6 bulan tapi tidak dilaksanakan. Cuma diisi bukunya tapi kendaraan tidak diperiksa, karena itu harus ditingkatkan frekuensinya,” ungkap Menteri Perhubungan EE Mangindaan di Jakarta, akhir pekan lalu.

Dikatakannya, langkah lain untuk mencegah kecelakaan adalah para pengemudi harus menaati rambu-rambu lalu lintas dan  pemeriksaan  secara komprehensif seluruh komponen baik manajemen maupun teknis operasional perusahaan angkutan.

Selanjutnya dikatakan,  pihaknya juga akan  melakukan audit terhadap rambu dan sarana jalan. Serta audit terhadap pelaksanaan pengujian kendaraan bermotor dan perketat pelaksanaan.

” Kita juga  akan melakukan  koordinasi dengan kepolisian   untuk pencegahan dan kurangi tingkat kecelakaan.  Selain itu juga  akan dievaluasi aturan yang telah ada kalau ternyata  sanksi belum ada atau kurang tegas maka aturan tersebut harus direvisi. Pengawasan lebih diperketat lagi bersama instansi terkait seperti Penerbitan STNK tidak hanya administrasi tapi harus benar-benar periksa fisik kendaraan dan  pemberian SIM harus benar-benar  sesuai prosedur,” katanya.

Sementara itu, Dirjen Perhubungan Darat Suroyo Ali Muso mengungkapkan, pihaknya akan mencabut sementara izin trayek bus Karunia Bakti yang mengalami kecelakaan maut pada akhir pekan lalu di Kawasan Puncak. “Kami akan memanggil pihak perusahaan bus Karunia Bakti tersebut,” katanya.

Menurutnya,  jalan raya tempat kecelakaan tidak terlalu curam, sehingga besar kemungkinan  kecelakaan yang menewaskan 14 orang itu akibat kelalaian sopir bus.

”Kami  akan menuntaskan kecelakaan ini bekerja sama dengan kepolisian dan Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT),” katanya.[dni]

Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s