Pacific Royale Kantongi 81 Izin Rute

JAKARTA–Maskapai PT Pacific Royale Airways  telah mendapatkan 81 izin rute dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan  memastikan melakukan penerbangan perdana pada 1 Maret nanti.

Presiden Direktur Pacific Royale Samudra Sukardi mengungkapkan, saat ini pihaknya tinggal memproses Air Operator Certificate (AOC) yang baru saja memasuki tahap tiga dan segera memasuki tahap empat dengan proses demo evakuasi dan proving flight. Maskapai itu akan mendatangkan empat pesawat pada Februari-April 2012, yakni dua Fokker F-50 dan Airbus A320-200.

“Kami terbang awal Maret 2012. AOC sudah selesai tahap tiga, tinggal tahap empat berupa demo evakuasi dan proving flight selesai bulan depan,” ungkapnya di Jakarta, Rabu (25/1).

Diungkapkannya,  dari 81 izin rute yang sudah didapat sekitar 30 persen  di antaranya adalah rute ke luar negeri (internasional) dan sisanya rute domestik.

Penerbangan internasional untuk tahap awal dengan Airbus A320 dan ke depan dengan Airbus A330 yang dijadwalkan datang pada akhir 2012. Sementara Fokker F-50 untuk melayani rute domestik, terutama sebagai pengumpan (feeder).

“Kami punya tiga hub, yakni Jakarta, Surabaya, dan Batam. Tapi untuk ke luar negeri kami tidak akan dari Jakarta karena sudah padat, kami lakukan dari Surabaya dan Batam. Misalnya Surabaya-Singapura dan Surabaya-Hong Kong, lalu nanti dilanjutkan ke India. Kami juga akan layani Bandung-Kuala Lumpur,” ungkap dia.

Untuk rute domestik di antaranya nanti adalah Jakarta-Surabaya, Surabaya-Banyuwangi, Surabaya-Madiun, Batam-Natuna, Batam-Kerinci. Ke depan, Pacific Royale juga berambisi membuka penerbangan ke Tiongkok karena pasarnya besar.

Berdasarkan catatan, Maskapai yang fokus di layanan penerbangan maksimum (full services) itu telah menginvestasikan dana  60 juta dollar AS sebagai tahap awal. Rinciannya, sebanyak  40 juta dollar AS untuk pengadaan 10 pesawat dan 20 juta dollar AS untuk pembelian avtur dan pembiayaan operasional.[Dni]

Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s