Mandala Beroperasi Medio Februari

JAKARTA: Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menargetkan PT Mandala Airlines (Mandala) untuk kembali beroperasi pada 15 Februari 2012 karena proses pengajuan Air Operation Certificate (AOC) melalui Direktorat Angkutan Udara sudah hampir selesai.

“Dari Derektorat Angkutan Udara Ditjen Perhubungan Udara Kemenhub menetapkan Mandala Airlines harus sudah terbang kembali pada 15 Februari 2012,” kata Direktur Kelaikan Udara dan Pengoperasian Pesawat Udara Ditjen Perhubungan Udara Kemenhub Diding Sunardi, Selasa (10/1).

Diungkapkannya,  saat ini Kemenhub telah menyelesaikan proses inspeksi kelaikan dua pesawat Airbus A320 maskapai itu yang berada di Bandara Changi, Singapura, dan kini penerbitan Air AOC dalam proses finalisasi.

Dijelaskannya,  proses penerbitan AOC sudah memasuki tahap ketiga yakni dengan melakukan evaluasi atas dokumen dan prosedur terkait administrasi. Artinya, dalam waktu tidak lama lagi, AOC bisa diterbitkan. Setelah itu, Kemenhub memberikan tenggat waktu paling lambat 15 Februari 2012 bagi Mandala untuk terbang atau beroperasi kembali.

“AOC sudah fase tiga mendekati finai. Kami beri kesempatan sampai 15 Februari 2012 bagi Mandala untuk terbang, kalau tidak mampu terbang ya dicabut. Jadi sekarang mereka harus memberikan perhatian lebih  soal waktu ini,” ungkapnya.

Secara terpisah, Manajer Investasi Saratoga Capital Devin Wirawan, pemegang saham mayoritas Mandala Airlines, mengatakan, pihaknya siap terbang sesuai tenggat waktu yang ditetapkan pemerintah. Mandala kini tinggal menunggu terbitnya AOC sebagai landasan untuk beroperasi kembali.

“Kini kami memang tengah menunggu AOC. Kalau pemerintah bilang 15 Februari, ya kami akan laksanakan. Kami siap,” jelasnya.

Mengenai kesiapan armada, Devin mengatakan, Mandala akan mengikuti ketentuan UU No.1 Tahun 2009 tentang Penerbangan, yakni 10 pesawat dengan lima di antaranya berstatus milik.

“Sekarang sudah dua unit Airbus A320 yang segera tiba di Indonesia begitu AOC terbit. Kalau sekarang di Indonesia akan timbul biaya parkir,” ujarnya.

Adapun rute penerbangan Mandala tidak akan berbeda jauh dengan rute penerbangan sebelumnya. Mandala Airlines pernah menerbangi 16 rute domestik dan empat rute internasional, diantaranya Singapura. Namun karena pesawatnya masih sedikit, untuk sementara Mandala akan terbang terbatas atau belum semua rute diterbangi, prioritasnya adalah Singapura.

Sebelumnya,  Dirjen Perhubungan Udara Herry Bakti S. Gumay mengatakan tenggat waktu untuk terbang bagi Mandala Airlines masih diberikan perpanjangan hingga 4 bulan pasca 12 Januari. “Perpanjangan 4 bulan masih berlaku, belum diputuskan untuk diberi tenggat hingga 15 Februari karena proses AOC nya belum selesai,” katanya.[dni]

Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s