Kemenhub Terbitkan AOC Mandala

JAKARTA—Kementrian Perhubungan (Kemenhub)  akhirnya menerbitkan  lisensi terbang atau Air Operator Certificate (AOC) bagi maskapai PT Mandala Airlines pada Senin (20/2).

Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Herry Bakti Singayuda Gumay mengungkapkan, AOC diterbitkan setelah maskapai tersebut memenuhi persyaratan kepemilikan pesawat.

“AOC  Mandala sudah saya tanda tangani   Senin kemarin (20/2).  Mandala  siap terbang  pada April nanti.  Sebanyak dua unit Airbus A320 sudah ada di Bandara Soekarno-Hatta,”  ungkapnya  di sela rapat dengar pendapat dengan Komisi V DPR di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (21/2).

Menurutnya,   Mandala  siap mengoperasikan 10 unit pesawat sampai Desember 2012, dimana semua armada yang digunakan adalah  Airbus.

“Mereka sudah ajukan rencana bisnis dan sanggup operasikan 10 pesawat seperti diatur UU No 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan sampai Desember 2012. Semuanya Airbus A320, kami berharap tak meleset dari rencana bisnis,” katanya.

Sayangnya, meski sudah mengantungi AOC,  lanjut Herry, mandala  hingga kini belum mengajukan izin rute kepada Kemenhub.

Direktur Utama Angkasa Pura II Tri S Sunoko mengatakan, sinyal akan beoperasinya Mandala membuat perseroan mengurungkan niat untuk mengeluarkan masakapi itu dari Terminal III Bandara Soekarno-Hatta.

“Tadinya kita memberikan peringatan kepada Mandala untuk penempatan di Terminal III karena banyak maskapai yang berminat. Sekarang mereka sudah menunjukkan keseriusan, tak mungkin digeser,” katanya.

Diungkapkannya, kemungkinan besar maskapai yang akan menempati Terminal III selain Mandala dan Air Asia nantinya adalah Pacific Royale dan Wings Air.

Komisaris Mandala Diono Nurjadin mengungkapkan,   pada tahap pertama akan beroperasi dengan tiga pesawat jenis Airbus A320 dan hingga akhir tahun nanti akan melayani penumpang dengan 10 pesawat jenis yang sama.

Berkaitan dengan adanya tuntutan dari pihak-pihak agen perjalanan atau karyawan, Diono mengatakan, masalah itu sudah diselesaikan melalui Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU). “Nanti kita akan bekerjasama dengan agen baru ke depannya,” katanya.

Adapun rute penerbangan Mandala tidak akan berbeda jauh dengan rute penerbangan sebelumnya. Mandala Airlines pernah menerbangi 16 rute domestik dan empat rute internasional, diantaranya Singapura. Namun karena pesawatnya masih sedikit, untuk sementara Mandala akan terbang terbatas atau belum semua rute diterbangi, prioritasnya adalah Singapura.[dni]

Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s