Kemenhub Operasikan Dua Kapal Perintis

JAKARTA—Kementrian Perhubungan (Kemenhub) mengoperasikan dua kapal perintis  yakni  KMP Napan Wainami dan KM Sabuk Nusantara 32 di Pelabuhan Manokwari untuk mendukung konektivitas agar perekonomian daerah meningkat.

Menhub EE Mangindaan melalui keterangan tertulisnya menjelaskan KM Napan Wainami merupakan kapal penyebrangan yang akan melayani pelabuhan Manokwari-Wasior dan berakhir di Nabire. Waktu tempuh Manokwari-Wasior sekitar 11-12 jam sedangkan waktu tempuh Wasior-Nabire 13-14 jam dengan kecepatan rata-rata 11 knot/jam

Sementara KMP Napan Wainami dengan bobot 500GT di bangun pada tahun 2008 di. Galangan Mariana Bahagia Palembang, adalah kapal Ro-Pax, dengan kapasitas penumpang sebanyak 202 orang,  masing-masing untuk kelas utama 40 orang, kelas ekonomi 130 orang dan penumpang tatami untuk 32 orang.

Kapal yang dioperasikan oleh PT Indonesia Ferry ASDP  ini juga mampu mengangkut 19 kendaraan roda empat terdiri dari 12 truk dan 7 mobil pribadi serta belasan sepeda motor yang bisa menempati bagian belakang maupun bagian depan dek kendaraan.

“Pemerintah telah menyiapkan subsidi angkutan perintis lintas Manokwari-Nabire pada tahun 2012 ini sebesar  2.368 miliar rupiah  dengan jumlah 48 trip setiap tahun,” jelasnya dalam rilis yang diterima Senin (6/2).

Dijelaskannya, kapal penyebrangan Nabire-Manokwari meruapakan bagian dari Sabuk Utara yang berfungsi mengubungkan jalur utara wilayah Indonesia seperti lintas penyebrangan dari Riau-Kepulauan Riau-Sintete (Kalbar)- Tarakan (Kaltim)- Toli-Toli (Sulteng)-Amurang-Bitung (Sulut)-Ternate (Malut)-Patani-Sorong-Manokwari (Papua Barat), Biak-Nabire (Papua)-Sawai (Papua)-Jayapura.

Sedangkan KM Sabuk Nusantara 32 akan melayani trayek Perintis R-64 dengan rute Pelabuhan Mega-Sausapor-Werur-Hopmare-Kwoor-Saubeba-Warmandi-Wau-Waibem-Imbuan-Sauporem-PP: Sorong- Kabare- Pulau Ayau-Pulau Vani- Pulau Ayau-Kabare-Sorong-Waisai-Savale-Pulau Kawe-Pulau Wayang-Pulau Sayang-Pulau Wayang-Pulau Kawe-Salvele- Sai Sai-Sorong.

Diungkapkannya, kapal perintis KM Sabuk Nusantara 32 dibangunkan berdasarkan kontrak antara Pejabat Pembuat Komitmen Satker Peningkatan Keselamatan Lalu Lintas Angkutan Laut Pusat Kemenhub dengan PT Daya Radar Utama Jakarta dengan nilai kontrak pembangunan kapal sebesar   47,104 miliar rupiah. Pelaksanaan pembangunan secara teknis diawasi oleh dan telah mendapat sertifikasi dari Biro Klasifikasi Indonesia.[dni]

Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s