Kemenhub Geber Pembangunan Jalur KA di Batam

JAKARTA—Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan menggeber pembangunan dua jalur kereta api di Batam yakni rute  Bandara Hang Nadim-Batu Ampar dan Batam Center-Tanjung Uncang dengan nilai investasi dianggarkan  2,4 triliun rupiah.

“Pembangunan jalur kereta api atau KA di Batam ini menjadi prioritas utama sesuai dengan masterplan (rencana induk) perkeretaapian 2009. Sebenarnya dalam masterplan perkeretaapian 2009 teridentifikasi tiga koridor dengan total panjang lintas sekitar 60 km,” kata  Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Tundjung Inderawan di Jakarta, Kemarin.

Dijelaskannya,   ketiga koridor di Batam tersebut yakni Batu Ampar-Batu Aji sepanjang 27,55 kilometer (km), Sekupang-Batam Center 16,48 km, dan Batam Center-Nongsa 16,36 km.

Namun, lanjutnya, pada saat ini baru akan dibangun dua koridor yakni Bandara Hang Nadim-Batu Ampar sepanjang 19,6 km dan Batam Center-Tanjung Uncang 17,7 km. Diperkirakan keduanya menelan dana Rp2,4 triliun. “Dipilihnya kedua koridor ini karena jalur padat yang menghubungkan pusat-pusat ekonomi dengan Bandara Hang Nadim sebagai pintu masuk dari daerah lain,” tuturnya.

Sebagai langkah awal perwujudan pembangunan kedua jalur kereta api ini, lanjut Tundjung, pihaknya telah menandatangani kesepakatan bersama atau MoU dengan Badan Pengusahaan Batam (BP Batam) pada 27 Januari 2012.

Dikatakannya,  setelah penandatangan kesepakatan, selanjutnya pembentukan task force atau gugus tugas dalam rangka persiapan penyelenggaraan perkeretaapian di Pulau Batam termasuk menyiapkan kelembagaan dan SDM yang akan mengoperasikan perkeretaapian tersebut.

“Pemerintah menyadari, pembangunan prasarana dan sarana perkeretaapian membutuhkan anggaran yang sangat besar. Untuk itu pemerintah sangat mendukung keterlibatan masyarakat, pemerintah daerah maupun swasta untuk berpartisipasi,” katanya.

Diungkapkannya,  untuk KA jalur Batam Center-Batu Aji-Tanjung Uncang akan disediakan 13 stasiun yakni di Batam Center, Perumnas, Batu Aji, Sagulung, Aviari, Putri Hijau, Tembesi, Muka Kuning (Stasiun Utama), Batamindo, Panbil, Kara, Politeknik, Damri.

Untuk lintas Bandara Hang Nadim-Batu Ampar akan disediakan 19 stasiun yakni di Bandara Hang Nadim, Batu Besar, Bandara Mas, Patimura, Batam Kota 1, Batam Kota 2, Duta Mas, Baloi Permai, Sukajadi, Sudirman, Simpang Jam, Lubuk Baja, Batu Licin, Pasar Jodoh, Lancah Kuning, Seraya, Bengkong, Pelita, dan Batu Ampar.[dni]

Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s