Kemenhub Dapat Hibah AS$ 14,5 juta

JAKARTA—Kementerian Perhubungan (Kemenhub)  mendapatkan hibah dari Pemerintah Australia senilai 14,5 juta dollar Australia  hingga 2014 untuk meningkatkan keselamatan sektor transportasi.

Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Mohammad Ikhsan Tatang mengatakan bantuan dari Pemerintah Australia  merupakan hibah berupa pengembangan capacity building (kemampuan SDM) untuk sektor transportasi darat, laut, dan udara.

“Bantuan ini merupakan hibah, bukan pinjaman. Kemenhub tidak menerima uang, hanya berupa bantuan asistensi, mereka yang mengaturnya. Melalui bantuan ini, kami membuat program untuk peningkatan capacity building, dan akan dievaluasi setiap 6 bulan,” jelasnya, di Jakarta, Kamis (1/3).

Diungkapkannya,   bantuan kali ini merupakan periode yang kedua dari Pemerintah Australia untuk sektor transportasi Indonesia. Periode kedua ini akan berakhir hingga 2014 dengan nilai bantuan sebesar 14,5 juta dollar Australia. Pada tahap pertama yang dimulai pada 2009 bantuan senilai 24,5 juta dollar Australia.

Dikatakannya,  pada periode pertama paket bantuan sejak 5 tahun lalu, terdapat 500 orang mengikuti pelatihan  capacity building untuk mengatasi keamanan dan keselamatan transportasi, termasuk dari Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

“Sejak mendapat pelatihan dari ITSAP ,   KNKT sudah dapat membaca sendiri black box atau kotak hitam pesawat terbang yang mengalami kecelakaan,” klaimnya.

Menurutnya,   ITSAP memberikan kontribusi dalam upaya peningkatan keselamatan transportasi di Indonesia. Upaya tersebut dilakukan melalui kerjasama untuk membangun kemampuan manajemen keselamatan transportasi di Indonesia yang meliputi bantuan teknis, pengembangan kapasitas, dan peningkatan standar prosedur pemerintah.[dni]

Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s