Kemenhub Berikan Dispensasi Kepemilikan Pesawat

JAKARTA–Kementerian Perhubungan (Kemenhub)  memberikan perpanjangan waktu bagi  maskapai yang telah jelas rencana pengadaan armada  untuk memenuhi 10 kepemilikan pesawat hingga satu tahun.

Juru bicara Kemenhub Bambang S Ervan mengatakan bagi maskapai yang jelas perencanaan pengadaan pesawatnya diberikan dispensasi karena  mendapatkan 10 pesawat tersebut tidaklah mudah dan langsung datang sekaligus.

“Kita memberi waktu bagi maskapai yang belum memenuhi kepemilikan 10 pesawat dengan melihat rencana bisnis mereka yang mendatangkan pesawat secara bertahap selama satu tahun,” katanya di Jakarta, Kamis (5/1).

Menurut Undang-Undang Nomor 1 tahun 2009 tentang penerbangan mewajibkan maskapai penerbangan niaga berjadwal memiliki 10 pesawat yang terdiri dari 5 pesawat milik dan 5 pesawat sewa.

Berkaitan dengan kasus Mandala Airlines yang baru memiliki dua armada, maka jumlah rute akan disesuaikan dengan kemampuan.

“Kalau pesawatnya baru datang dua, ya kita sesuai dengan rutenya,” katanya.

Menurutnya,  Mandala sudah beroperasi sebelum Undang-Undang penerbangan baru disahkan, disebutkan dalam Undang-Undang penerbangan yang lama bahwa maskapai harus memiliki 5 pesawat.

“Jadi soal status kepemilikan pesawat, Mandala masih dikenakan Undang-Undang penerbangan lama,” tuturnya.

Sebelumnya, Herry Bakti S Gumay, Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, mengatakan surat izin usaha penerbangan Mandala Airlines akan diperpanjang hingga empat bulan.

Hal tersebut dilakukan kementerian perhubungan dikarenakan saat ini Mandala Airlines sudah mengajukan atau dalam proses Air Operator Certificated (AOC).

“Karena sedang proses AOC dan sudah mengajukan pesawat maka batas waktu SIUP Mandala kita berikan toleransi hingga empat bulan. Kalau mereka tidak lagi proses AOC baru kita bekukan izinnya,” kata Herry.

Menurut Herry, kementerian perhubungan mengambil kebijakan tersebut karena investor baru Mandala bersungguh-sungguh atas rencanannya untuk menerbangkan Mandala pada 2012. Mandala juga sudah melaporkan ke kementerian perhubungan untuk melakukan inspeksi dua pesawat airbus A320 yang kini tengah berada di Singapura.[Dni]

Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s