INSA minta pemerintah hapus BBM

JAKARTA—Indonesian National Shipowners’ Association (INSA) meminta pemerintah menghapus subsidi bahan bakar minyak (BBM) untuk kapal niaga nasional mengingat  subsidi bahan bakar untuk kapal-kapal niaga di daerah terkadang tidak merata pembagiannya.

Ketua Umum INSA Carmelita Hartoto mengungkapkan,  selain pembagian yang tidak merata, pengusaha kapal juga ingin menghemat subsidi BBM yang diambil dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

”Kami meminta pemerintah menghapus BBM subsidi untuk kapal niaga berbendera nasional kecuali empat jenis kapal yaitu kapal penumpang, kapal perintis, kapal pelayaran rakyat, dan Angkutan Sungai Dan Penyeberangan (ASDP),” katanya di Jakarta, akhir pekan lalu.

Menurutnya, langkah ini dilakukan para pengusaha karena ingin  membantu pemerintah dalam menghemat subsidi BBM dari pemerintah, sehingga bisa dialokasikan untuk keperluan lain.

Berdasarkan catatan, dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2011, alokasi subsidi BBM ditetapkan sebesar  231,7 triliun rupiah, sedangkan pada APBN 2012 dialokasikan sebesar  123,5 triliun rupiah.

Dipastikannya,   sebanyak 95 persen  kapal niaga anggota INSA sudah tidak menggunakan BBM subsidi dari pemrintah, sedangkan yang masih menggunakan BBM subsidi hanya sebesar 5 persen.

“Kami sudah menyampaikan secara langsung usulan tersebut kepada pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM),” katanya.[dni]

Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s