AP I Prediksi Layani 59 Juta Penumpang

JAKARTA—PT Angkasa Pura I (AP I) memprediksi akan melayani 59 juta penumpang pada 2012 atau naik 13-15 persen dibandingkan 2011 yang melayani 56 juta penumpang di seluruh bandara yang dikelolanya.

“Seluruh bandara yang dikelola AP I  tahun lalu melayani  56 juta penumpang.  Diperkirakan pada 2012  akan tumbuh 13-15% menjadi kira-kira 59 juta penumpang. Untuk itu kami akan terus mengembangkan 13 bandara yang sudah eksisting  untuk meningkatkan pelayanan kepada penumpang,” ungkap Direktur Utama AP1 Tommy Sutomo di Jakarta, Minggu (26/2).

Diungkapkannya, pada tahun lalu perseroan  mampu membukukan pendapatan sekitar tiga triliun rupiah  dengan total laba sebelum pajak sekitar 655 miliar rupiah.

“Pada  tahun ini ditargetkan  pertumbuhan minimal 15 persen  dengan terus mengembangkan bandara yang sudah ada dan meningkatkan seluruh kinerja perusahaan,” katanya.

Dijelaskannya, dari kepadatan jumlah penumpang, Bandara Juanda Surabaya menyumbang paling besar yakni mencapai 13,8 juta orang, disusul Bandara Ngurah Rai Bali 12,7 juta penumpang, dan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar sebanyak 7,4 juta penumpang.

Diungkapkannya,   untuk pengembangan bandara diperkirakan dibutuhkan dana segar sekitar tiga triliun rupiah   bisa diperoleh dari pinjaman lunak atau perbankan agar rencana kerja bisa terlaksana sesuai yang ditargetkan.

Selain mengembangkan bandara dari sisi peningkatkan kapasitas, AP1 juga terus mengembangkan anak usahanya yakni AP Hotel, AP Properti, AP Logistik, dan AP Support.  Sekretaris Perusahaan Miduk Situmorang mengungkapkan yang sedang disiapkan adalah pembangunan dua hotel yakni di Surabaya dan Makasar.[dni]

Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s