AP I Kembangkan Bandara Banjarmasin

JAKARTA–PT Angkasa Pura I (AP I) berencana mengembangkan kapasitas bandara Banjarmasin untuk mendukung proyek  Master Plan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI).

“Kami mengucurkan dana investasi sebesar 500 miliar rupiah untuk mengembangkan terminal Banjarmasin,” ungkap  Direktur Utama Angkasa Pura  I Tommy Soetomo di Jakarta, Rabu (4/1).

Diungkapkannya, pada tahun ini perseroan menargetkan ground breaking perluasan  terminal bandara Banjarmasin tersebut.

“Saya sudah lapor ke Wakil Menteri Perhubungan. Proyek ini  masih terkendala dengan urusan pertanahan yang hingga saat ini masih belum terselesaikan,” katanya.

Berdasarkan catatan,  AP I akan mengembangkan 13 bandara strategis (Bandara Sepinggang, Kalimantan Timur;  Syamsuddin Nur,  Banjarmasin;  Bandara Kupang;
Ngurah Rai,  Bali;  Ahmad Yani,  Semarang; Adisutjipto,  Yogyakarta; dan Juanda,  Surabaya) yang sebagian besar berada di kawasan timur Indonesia mulai tahun 2012 ini .

Sebagian dana pengembangan didapat dari Bank Mandiri sebesar 5 triliun rupiah untuk pengembangan delapan bandara selama empat tahun ke depan.
Kemungkinan besar akan cair pada kuartal I 2012. Adanya fasilitas pinjaman tersebut, bisa menutup kekurangan belanja modal perseroan.

Sebagian besar belanja modal akan. dialokasikan untuk membiayai pengembangan Ngurah Rai Denpasar 1,77 triliun rupiah dan terminal 2 Juanda Surabaya 400 miliar rupiah.

Berkaitan dengan pengembangan terminal di Ngurah Rai, Tommy mengungkapkan, pembangunan baru 5,6 persen dari target.[dni]

Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s