Lion Air Garap Segmen Jet Pribadi

JAKARTA–PT Lion Mentari Airlines (Lion Air) memperluas segmen pasar yang dilayaninya dengan menggarap bisnis sewa jet pribadi.

“Lion Air telah mengajukan laporan resmi mengenai ekspansi bisnis penerbangan untuk pelayanan khusus jet pribadi,” ungkap Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Herry Bakti S Gumay di Jakarta, kemarin.

Diungkapkannya,  saat ini maskapai penerbangan tersebut tengah mengurus berkas untuk pelebaran sayap usaha selain penerbangan reguler yang telah ada saat ini yaitu private business jet service di Tanah Air.

Sebelumnya,  Lion Air juga tengah mengurus Surat Izin Usaha Penerbangan (SIUP) dengan perusahaan yang berbeda yakni PT Space Aviation Service (Space Air) yaitu maskapai penerbangan berjenis full services layaknya Garuda Indonesia. Berbeda dengan Space Air, usaha penerbangan layanan khusus private jet ini tidak membutuhkan SIUP terpisah.

“Lion Air tidak melaporkan untuk membuat SIUP baru melainkan hanya menambah status penambahan armada di SIUP Lion Air yang sudah ada,” ungkapnya.

Direktur Umum Lion Mentari Airlines Edwar Sirait mengungkapkan, pada pertengahan tahun 2012 mendatang perusahaannya berencana melebarkan sayap bisnis di industri penerbangan dengan membuka layanan khusus atau private business jet service.

Selain itu Lion Air juga pada tahun depan berniat membuat perusahaan baru di bisnis penerbangan layanan full service.

Dikatakannya,  bisnis private jet tersebut direncanakan akan menggunakan pesawat jet jenis Hawker berkapasitas sembilan kursi sebanyak dua pesawat dengan rute-rute yang akan dilayani kemungkinan rute jarak jauh (long haul).

Pesawat jet Hawker ini akan didatangkan secara bertahap mulai awal tahun depan.

“Nilai investasi yang dikeluarkan perseroan belum bisa kita informasikan karena masih dalam tahap negoisasi dan soal rencana bisnis jet tersebut nanti kita akan informasikan setelah semua proses sudah selesai,” ujarnya.

Dijelaskannya, pangsa pasar yang dilirik perseroan adalah para pengusaha yang ingin melakukan perjalanan bisnis jarak jauh.

Beberapa perusahaan sudah tertarik untuk kerjasama dengan Lion Air untuk terbang menggunakan private business jet service.

Sementara perseroan menetapkan keputusan menggunakan pesawat Boeing 737-900ER untuk PT Space Aviation Service (Space Air), anak usaha yang akan memberikan pelayanan penerbangan full service dan jet sewa pada 2012.

Lion rencananya memodifikasi jarak antarkursi (seat pitch) sejumlah Boeing 737-900ER yang saat ini dioperasikan menjadi lebih lebar dan mengganti interior kabin dan warna pesawat tersebut.

Pesawat tersebut dipilih perseroan karena Boeing 737-900ER merupakan pesawat bermesin jet ganda dengan jarak tempuh dekat hingga sedang dengan kapasitas 215 penumpang dalam kategori layanan low cost carrier.

Pesawat tersebut juga mengonsumsi avtur 20-30 persen  lebih hemat dibandingkan pesawat lainnya dengan kapasitas penumpang yang sama.[Dni]

Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s