Kemenhub Uber Serapan DIPA 85%

JAKARTA— Kementerian Perhubungan menguber serapan  anggaran tahun Dipa 2011 menjadi 85 persen pada akhir tahun ini. Hingga per 28 November 2011, serapan Dipa Kemenhub baru 58,95 persen.

Menteri Perhubungan EE. Mangindaan mengatakan realisasi daya serap anggaran di Kementerian Perhubungan hingga sepanjang 2011 hingga 28 November masih 58,95 persen  atau 13,72 triliun rupiah  dari total 23,27 triliun rupiah.

“Kami targetkan pada 31 Desember 2011 anggaran yang terserap menjadi 85,34 persen atau 19,86 triliun rupiah. Sekarang saja sudah 80 persen, untuk dapat 85 persen akan dicapai, tender, sanggahan, revisi bisa jalan,” katanya di Jakarta, Senin (19/12).

Dikatakannya,  dari sisi fisik, penyerapan anggaran hingga 28 November 2011 masih tercatat sebesar 67,47 persen dan hingga 31 Desember diperkirakan menjadi 88,56 persen.

Menurutnya,   rendahnya penyerapan anggaran ini disebabkan sejumlah faktor, diantaranya faktor internal. “Kemenhub memang masih mengalami hambatan untuk proses penyerapan anggaran. Salah satunya faktor internal yang harus diperbaiki, yakni meningkatkan SDM pejabat yang bertanggung jawab, percepatan proses pengadaan barang. Langkah optimalisasi. Kami juga upaya menaikkan kompetensi untuk reformasi birokrasi,” katanya.

Diungkapaknnya, , pada 2010, laporan keuangan Kemenhub mendapat opini wajar dengan pengecualian dari Badan Pemeriksa Keuangan.”Untuk mengejar opini wajar tanpa pengecualian, Kemenhub berusaha terkait penatausahaan piutang dan aset,” katanya.

Menurutnya,  perlu dilakukan reward dan punishment untuk pejabat yang menyalurkan anggaran Kemenhub. “Reward and punishment  akan ditingkatkan dalam rangka mencegah dan memberantas KKN,” katanya.

Sekjen Kemenhub M. Ikhsan Tatang mengatakan pelaporan penyerapan anggaran di jajaran Kemenhub dilakukan setiap harinya dari 700 unit kerja. “Perkembangan daya serap anggaran Kemenhub dari sistem hirarki, UPT dan unit diatasnya, kami mendapat data keseluruhan penyerapan anggaran up date per harinya, sehingga kami bisa tahu perkembangan hingga akhir tahun,” katanya.[dni]
Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s