Kemenhub Lanjutkan Revitalisasi Terminal

JAKARTA – Kementerian Perhubungan. (Kemenhub) melanjutkan program revitalisasi terminal bis dengan mengalokasikan dana sebesar 167 miliar rupiah untuk melakukan renovasi dan pembangunan terminal bus baru di 2012.

“Langkah tersebut dilakukan sebagai kelanjutan rencana berkala pemerintah untuk membenahi terminal di Indonesia,” ungkap Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Sudirman Lambali, di Jakarta, kemarin.

Diungkapkannya, anggaran sebesar  67 miliar rupiah  digunakan untuk merenovasi 11 terminal yang tersebar di seluruh Indonesia. Sedangkan untuk pembangunan 17 terminal baru pemerintah membutuhkan dana sebesar  100 miliar rupiah.

“Untuk pembangunan terminal baru ada yang sudah memasuki tahap akhir dan ada yang baru mulai bangun konstruksi,” katanya.

Diungkapkannya,  anggaran renovasi dan pembangunan terminal baru pada 2012 naik 19,28 persen  dibandingkan tahun ini sebesar  140 miliar rupiah.

Hal itu disebabkan, renovasi dan pembangunan terminal di 2012 lebih banyak dibandingkan 2011.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Soeroyo Alimoeso mengatakan,  proyek terminal transportasi jalan ini bukan program baru dari instansinya.

Pada 2010 ada 15 daerah yang menjadi sasaran pembangunan terminal. Kemudian pada tahun ini, pembangunannya melanjutkan dari tahun sebelumya ada di sekitar 16 lokasi.

Dicontohkannya,  terminal baru yang dibangun pemerintah terletak di wilayah Tulung Agung dan Depok. Sedangkan, perbaikan terminal dilakukan di Meulaboh, Takengon, Ogan Ilir, Sei Ambawang, Palangkaraya, Banjarbaru, Mamboro, Wonogiri, Pacitan, Simbuang, Tana Toraja, Barru, dan Entrop.

Dikatakannya, selain melakukan renovasi dan pembangunan terminal, pemerintah juga akan terus mengembangkan program Bus Rapid Transit di 13 lokasi, yaitu Bogor, Yogyakarta, Pekanbaru, Manado, Palembang, Gorontalo, Batam, Semarang, Bandung, Solo, Tangerang, Maluku, dan Bali.

“Kedepannya Bus Rapid Transit akan diarahkan untuk peningkatan konektivitas dengan moda lain,” ujarnya.[Dni]

Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s