Garuda Optimistis Pelanggan Premium Naik 60%

JAKARTA: Maskapai Garuda Indonesia optimistis pelanggan premiumnya bertambah sekitar enam ribu orang atau naik 60 persen dari posisi 10 ribu penumpang berkat menggandeng nasabah Emerald dari BNI.
“Saat ini ada sekitar 10 ribu platinum member Garuda Indonesia. Sementara BNI Emerald memiliki member sekitar  11.000 nasabah. Di antara dua produk ini ada irisan sekitar 45 persen, karena itu kita optimistis bisa mendapatkan 6 ribu pelanggan baru dari kerjasama dengan BNI Emerald,” ungkap Direktur Utama Garuda Indonesia Emirsyah Satar di Jakarta, Kamis (22/12).
 Dijelaskannya, bentuk kerjasama dengan BNI adalah  para pelanggan di segmen Premium dari BNI Emerald  akan mendapatkan  layanan khusus pre, in , dan post flight pada penerbangan domestik dan internasional, penggunaan executive lounge baik di Garuda Indonesia Lounge maupun di BNI Emerald Lounge dan outlet, serta layanan premium lainnya dalam rangka menciptakan Customer Intimacy dan Experience yang terbaik bagi para pelanggan kedua perusahaan.
Untuk melengkapi program layanan super premium, kerjasama tersebut nantinya juga akan mencangkup program-program khusus lainnya seperti poin reward program, pengembangan paket wisata ,serta program promosi lainnya untuk nasabah pemegang kartu BNI Emerald, BNI Platinum Card dan Garuda Frequent Flyer Platinum.
Dikatakannya,  Garuda akan menyediakan sarana layanan premium di Gedung BNI 46, berupa layanan cek in dan heli ped (landasan helikopter). Untuk itu, pihaknya hanya akan mengeluarkan dana 2,3 miliar rupiah. Untuk helikopternya sendiri, pihak BNI sudah menyiapkan dengan bekerjasama dengan Susi Air.
“Kami akan buat heli ped di dekat Kantor Garuda Indonesia, kalau di Gedung BNI 46 kan sudah ada.  Nantinya nasabah premium BNI yang diberinama Emerald, dapat menggunakan fasilitasnya dengan chek in di gedung ini, lalu naik helikopter menuju bandara. Nah nantinya di bandara kami siapkan lahan khusus, mungkin di dekat hanggar kita,” katanya.
Direktur Pemasaran Garuda Arif Wibowo menambahkan, langkah menyediakan heli pad dan peningkatan layanan untuk segmen premium adalah pemanasan bagi Garuda sebelum menyelenggarakan layanan First Class pada 2013 nanti. “Kami ingin menyelenggarakan layanan one stop services bagi penumpang premium.  Pada 2013 layanan First Class akan dimulai dengan tiga pesawat untuk rut eke Amsterdam. Setelah itu pada 2015 semua penerbangan internasional dari Jakarta akan ada First Class. Jumlah kursinya sebanyak 4 unit di setiap pesawat B 777,” ungkapnya.
Diungkapkannya, selama ini ada 800 ribu penumpang setiap tahunnya yang naik di kelas bisnis Garuda Indonesia. Kontribusinya bagi total omset sekitar 10-15 persen. “Jumlahnya memang sedikit, tetapi harganya tiga kali lipat kelas ekonomi. Nanti kalau ada First Class, harga tiket dijual 5 kali harga ekonomi. Kita harapkan setelah ada First Class kontribusi segmen premium naik menjadi 20-25 persen,” katanya.
Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama BNI Gatot Murdiantoro Suwondo mengatakan sinergi dan kombinasi kedua layanan premium antara BNI dan Garuda ini akan memberikan nilai tambah bagi pelanggan keduanya. “Antara BNI dan Garuda Indonesia telah memiliki sejarah yang panjang dalam menjalin kerjasama bisnis. Dengan penambahan kerjasama dalam bidang layanan premium ini akan semakin memperkuat sinergi BNI dan Garuda Indonesia ini juga menjadi bagian sinergi antar BUMN atau BUMN Incorporated seperti yang diprogramkan oleh Kementerian BUMN,” lanjut Gatot.
Gatot menambahkan untuk melengkapi program layanan super premium, kerjasama tersebut nantinya juga akan mencangkup program-program khusus lainnya seperti poin reward program, pengembangan paket wisata ,serta program promosi lainnya untuk nasabah pemegang kartu BNI Emerald, BNI Platinum Card dan Garuda Frequent Flyer Platinum.
BNI Emerald merupakan layanan private banking dan priority banking dari Bank BNI yang memiliki misi menjadi penyedia jasa layanan private banking dan priority banking yang terkemuka di Indonesia, yang mampu memberikan respon positif terhadap kebutuhan dan keinginan nasabah dengan solusi yang inovatif serta pemberian layanan yang penuh integritas dan profesional. Tahun ini dicanangkan sebagai Year of Intimacy dengan para nasabah premium BNI dan ditargetkan untuk tumbuh sebesar 23% baik dari existing nasabah maupun dari nasabah baru. Pada 2014, BNI Emerald merencanakan untuk menjadi The Best Customer Experience for Priority Banking Services.
Saat ini BNI Emerald memiliki 24 outlet Emerald diseluruh Indonesia, 2 Emerald Lounge, dan didukung oleh layanan khusus di 167 cabang utama BNI di Indonesia dan 5 cabang BNI di luar negeri. BNI Emerald mencanangkan untuk dapat merebut pasar layanan prioritas yang ditujukan tidak hanya kepada urusan keuangan individu nasabah tetapi juga keperluan bisnis.[dni]
Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s