Garuda Ekspansi Rute Internasional

JAKARTA—PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA)  akan melakukan ekspansi pembukaan rute baru dan penambahan frekuensi penerbangan internasional pada 2012 nanti.
Direktur Utama Garuda Indonesia Emirsyah Satar mengungkapkan, rute baru internasional yang akan dibuka Garuda Indonesia yaitu  Jakarta-Haneda pada 27 April 2012.
”Rute tersebut akan dilayani sebanyak lima kali selama seminggu dan akan menggunakan pesawat jenis Airbus A330-200. Khusus rute Haneda, kami sudah mengajukan ke Kementerian Perhubungan. Target segmen Haneda yaitu bisnis dan pariwisata,” katanya di Jakarta, akhir pekan lalu.
Dikatakannya, untuk  dua rute internasional lainnya yaitu Jakarta-Taipei pada 19 Mei, dan  Jakarta-New Delhi yaitu pada kuartal III 2012. ”Kami akan agresif pada tahun depan. Kita garap semua segmen pasar mulai business traveler hingga wisatawan,” katanya.
Diungkapkannya, untuk menggarap segmen korporasi, perseroan aktif menggandeng kerjasama dengan perusahaan-perusahaan besar. Salah satunya baru-baru ini adalah  pengembang properti PT Jababeka Tbk untuk meningkatkan pangsa pasar korporasi (corporate sales) di wilayah kawasan perindustrian Jababeka.
“Dengan jumlah tenant lebih dari 1.500 perusahaan baik lokal maupun internasional yang terdiri dari 600 ribu pegawai dari 30 negara, Jababeka merupakan pangsa pasar yang menjanjikan bagi Garuda,” jelasnya.
Dikatakannya, melalui kerjasama tersebut para tenant di Jababeka akan  memperoleh harga spesial, kemudahan  pemesanan, city check in, dan pembukuan group. “Layanan tersebut tidak hanya mencakup untuk perjalanan dinas namun juga untuk perjalanan pribadi bagi karyawan Jababeka beserta keluarganya,” tambahnya.
Diungkapkannya,  pada tahun depan Garuda juga akan mengembangkan perusahaannya di wilayah tersebut dengan membuka kantor cabang. Tidak hanya itu,  Garuda  juga berminat untuk membangun hotel melalui anak perusahaan di wilayah Jababeka. “Nanti konsepnya Building Operation Transfer (BOT), dimana Jababeka menyediakan lahan, kita membangun hotelnya. Kita rencananya bangun hotel bintang 4 atau 5,” katanya.
Dijelaskannya,  hingga saat ini maskapai pelat merah tersebut telah melaksanakan kerjasama penjualan korporasi dengan lebih dari 1.400 perusahaan besar di Indonesia. Dari kerjasama tersebut, hingga akhir tahun ini Garuda berhasil memperoleh pendapatan 1,5 triliun rupiah.

Jual Pesawat

Selanjutnya Emirsyah mengungkapkan, perseroan telah   menjual empat unit pesawat jenis Boeing 737-400 pada 2012 kepada maskapai asal Nigeria. Hal itu dilakukan perseroan sebagai langkah peremajaan armada pesawat tahun depan.
Diungkapaknnya, proses penjualan empat unit pesawat ke maskapai asal Nigeria tersebut dilakukan melalui lelang terbuka pada September 2011 yang diikuti sejumlah maskapai nasional dan asing. Maskapai asal Nigeria tersebut diketahui memiliki tawaran harga beli yang cukup bagus sehingga terpilih menjadi pemenang dari lelang.
“Rencananya empat unit pesawat tersebut akan dikirim tahun depan, saat ini empat pesawat tersebut masih dalam perbaikan,” katanya.
Sebelumnya,  Garuda juga diketahui telah menjual dua unit lagi ke Angkatan Udara Republik Indonesia dan salah satu maskapai nasional. Namun Emirsyah enggan menyebutkan nama maskapai yang dimaksud.
Direktur Keuangan Garuda Indonesia Elisa Lumbantoruan mengatakan satu unit pesawat yang dijual ke maskapai Nigeria tersebut seharga 3 juta-5 juta dollar AS. Penjualan pesawat tersebut untuk membatasi usia armada pesawat Garuda Indonesia menjadi tujuh tahun dari sebelumnya 12 tahun.
Salah satu strategi perseroan untuk membatasi usia pesawat, Garuda juga berencana untuk mendatangkan delapan pesawat baru pada 2012. Delapan pesawat baru tersebut terdiri dari enam unit Boeing 737-800 dan dua unit Airbus 330-200. Hal itu dilakukan perseroan untuk menggantikan phase out tujuh pesawat Boeing 737-400. [dni]
Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s