AP II Bangun Terminal Baru di Sultan Thaha

JAKARTA–PT Angkasa Pura II (AP II)menjalankan  pembangunan terminal baru di Bandara Sultan Thaha, Jambi, mulai  Senin, (12/12) untuk meningkatkan kapasitas infrastruktur tersebut menjadi 1,5 juta pergerakan penumpang per tahun.

”Pembangunan terminal baru ini mutlak untuk dilakukan dan menjadi solusi konkret untuk mengatasi kelebihan kapasitas yang terjadi di Bandara Sultan Thaha saat ini,” ungkap Wakil Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Rinaldo J. Aziz di Jakarta, Senin (12/12).

Diungkapkannya, pada 2011, jumlah pergerakan penumpang telah mencapai lebih dari 1 juta di Sutan Thaha, sementara kapasitas yang tersedia hanya untuk 300 ribu penumpang per tahun.

“Jumlah pergerakan pada 2011 tersebut, mengalami peningkatan sebesar 11,9 persen  dibandingkan 2010 yang mencapai 936 ribu pergerakan. Kemudian pada 2012, pertumbuhan penumpang di Bandara ini diprediksi akan mengalami peningkatan sebesar 8,48 persen menjadi 1,13 juta pergerakan per tahun, dan akan mencapai 1,4 juta pergerakan pada tahun 2015,” katanya.

Dijelaskannya, pengembangan Bandara Sultan Thaha tersebut merupakan program yang dirancang PT Angkasa Pura II dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan terhadap para pengguna jasa angkutan udara, yang juga erat kaitannya dengan faktor keselamatan dan keamanan operasional penerbangan.

”Pengembangan ini juga mengacu pada Surat Keputusan Menteri Perhubungan Nomor 63 tahun 2009 tentang Rencana Induk Bandar Udara Sultan Thaha,” jelasnya.

Dilanjutkannya, selain untuk memberikan ruang gerak yang cukup bagi para pengguna jasa bandara, pengembangan Bandara Sultan Thaha ini juga sebagai salah satu upaya antisipasi terhadap lonjakan pergerakkan penumpang dari dan menuju Jambi maupun kota-kota lain di sekitarnya yang terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

Diungkapkannya, Bandara Sultan Thaha saat ini masih melayani rute penerbangan domestik dengan lima maskapai penerbangan reguler berjadwal. Garuda Indonesia, Sky Airline, Sriwijaya Air, Lion Air, Batavia air dengan jumlah penerbangan mencapai 20 penerbangan per hari ke sejumlah tujuan, seperti Jakarta dan Batam.

Rencananya, ungkapnya, pembangunan Tahap I akan terfokus pada upaya peningkatan kapasitas terminal agar mampu melayani hingga 1,5 juta pergerakan per tahun.

Upaya yang dilakukan adalah dengan menambah luas bangunan terminal dari 2.308 m2 menjadi 13.015 m2. Proses pembangunan yang diperkirakan akan menggunakan anggaran PT Angkasa Pura II sebesar 107,5 miliar ini, ditargetkan akan selesai pada pertengahan 2013 mendatang.

Berdasarkan catatannya, pergerakan pesawat di Bandara Sultan Thaha telah mencapai 8.694 pergerakan atau meningkat sekitar 6,5 persen  dari tahun 2010 yang mencapai 8.157 pergerakan. Kemudian, seiring laju pertumbuhan yang terjadi, pada 2015 diperkirakan akan mencapai hingga 10.000 pergerakan pesawat per tahun. Sejalan dengan pembangunan gedung terminal baru, direncanakan pula perpanjangan landasan pacu serta melakukan perluasan apron dan taxiway sehingga dapat menampung lebih banyak pergerakan pesawat.

Tidak hanya pergerakan penumpang dan pesawat yang mengalami peningkatan di Bandara Sultan Thaha, pergerakan angkutan barang pun mengalami hal serupa.

Pada tahun 2010, jumlah pergerakan barang di bandara ini mencapai 5.200 ton. Sementara pada tahun 2011 ini pergerakannya telah mencapai hampir 6.000 ton, atau meningkat sebesar 14,5 persen.

Dengan melihat tren yang ada, selanjutnya pada tahun 2015 mendatang pergerakan angkutan barang di Bandara Sultan Thaha akan mencapai hingga 7.500 ton pada tahun 2015.

”Kami berharap, pengembangan Bandara Sultan Thaha yang mendapat dukungan besar dari Pemerintah Pusat baik melalui peran Kementerian Perhubungan maupun Kementerian Negara BUMN ini serta Pemerintah Provinsi Jambi, akan memberikan kontribusi signifikan terhadap pertumbuhan perekonomian Provinsi Jambi maupun pertumbuhan perekonomian nasional sesuai dengan Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI),” ujarnya.[Dni]

Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s