Garuda dan AP Kembangkan Layanan Kebandaraan

JAKARTA–PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) dan PT Angkasa Pura I dan II (AP I dan II) melaksanakan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) di bidang pengembangan layanan bandar udara.

Dalam rilis yang diterima Senin, (28/11), dikatakan  penandatanganan MoU tersebut dilaksanakan oleh Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. Emirsyah Satar, Direktur Utama PT Angkasa Pura I Tommy Soetomo dan Direktur Utama PT. Angkasa Pura II Tri S. Sunoko di Nusa Dua, Bali.

Juru bicara Garuda Indonesia Pujobroto menjelaskan, penandatangangan MoU ini nantinya akan meliputi kerjasama pemanfaatan potensi yang dimiliki oleh masing-masing institusi untuk membangun kemitraan strategis dalam meningkatkan fasilitas dan layanan Bandar Udara di Indonesia khususnya Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan dan Bandara Internasional Ngurah Rai.

“Ini bentuk sinergi antara Badan Usaha Milik Negara (BUMN),” katanya.

Dijelaskannya, kerjasama peningkatan layanan dan peningkatan fasilitas tersebut diantaranya penataan terminal penumpang, informasi penerbangan, area keberangkatan, area kedatangan, imigrasi, area transit, penanganan bagasi, sistem keamanan, kebersihan bandara, serta aksesabilitas bandara. Khususnya bandara Internasional Soekarno Hatta, Garuda Indonesia dan PAP II bekerjasama juga dalam bidang airport management hotel.

Menurutnya, bagi Garuda Indonesia, melalui kerjasama ini, maka pengembangan serta penataan terminal 2E dan 2F – sebagai terminal dedicated Garuda Indonesia – Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta di Cengkareng serta bandara lainnya dapat segera dilaksanakan sebagai bagian dari upaya Garuda Indonesia menjadi anggota aliansi penerbangan global.

Direktur Utama Garuda Indonesia Emirsyah Satar mengharapkan,  kerjasama ini akan segera dapat meningkatkan pelayanan kepada para pengguna jasa Garuda Indonesia maupun masyarakat pengguna bandara.

“Selain itu, kerjasama ini tentunya akan mendukung program Garuda Indonesia untuk menjadi anggota aliansi global dalam waktu dekat ini serta untuk meraih predikat maskapai bintang lima pada tahun 2014 mendatang,” jelasnya.
Sementara itu, Direktur Utama  Angkasa Pura II Tri S. Sunoko, mengharapkan kerjasama antara Garuda Indonesia dan Angkasa Pura II ini dapat memberikan dampak yang signifikan bagi peningkatan pelayanan kepada para penumpang di terminal.

”Sudah saatnya kita memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya kepada para pengguna jasa Bandara, terlebih lagi Bandara Soekarno-Hatta yang merupakan gerbang masuk utama ke Indonesia,” kata  Tri.

Direktur Utama PT Angkasa Pura I Tommy Soetomo mengatakan AP I selalu berkomitmen untuk meningkatkan layanan kepada para pengguna jasa penerbangangan,  dan salah satu realisasi dari komitmen tersebut adalah dengan menjalin kerjasama dengan Garuda Indonesia.

”Kami berharap melalui kerjasama ini maka para pengguna jasa bandara, khususnya pengguna jasa Garuda Indonesia akan semakin nyaman terbang melalui bandara – bandara dibawah pengawasan AP I,” kata Tommy.

Emirsyah  mengharapkan, pelaksanaan kerjasama peningkatan pelayanan dan fasilitas serta penataan Bandara ini diharapkan juga dapat memberikan nilai tambah kepada para pengguna jasa khususnya pada saat pre-flight dan post-flight yang merupakan bagian dari konsep layanan ”Garuda Indonesia Experience” yang mengedepankan layanan terbaik kepada para pengguna jasa.

Berdasarkan catatan, kerjasama peningkatan fasilitas pelayanan dan pengembangan Bandara ini merupakan kelanjutan dari kerjasama yang sama yang dilakukan oleh Garuda Indonesia dengan PT AP I dan PT AP II tahun 2010 lalu. Dalam jangka panjang, kerjasama ini akan diperluas dengan meliputi keseluruhan Bandara yang ada di Indonesia yang disinggahi oleh penerbangan Garuda Indonesia.[dni]

Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s