101211 Kapasitas Bandara Husein Sastranegara akan Meningkat

JAKARTA—Kapasitas bandara  Husein Sastranegara Bandung akan ditingkatkan oleh PT Angkasa Pura II (API II) dari biasanya menampung 600 ribu penumpang menjadi dua juta penumpang per tahun yang menelan investasi  sekitar  354 miliar rupiah.

VP Civil Construction AP II Agung Sedayu mengungkapkan, rencana pembangunan  dilakukan dalam tiga tahap. Tahap pertama akan menelan dana sebesar  84 miliar rupiah, serta  tahap kedua dan ketiga menelan  270 miliar rupiah. “Dana itu dari internal perusahaan,” katanya  di Jakarta, akhir pekan lalu.

Menurutnya, setelah  luas   bandara Husein Sastranegara ditingkatkan dari  5.000 meter persegi menjadi 18.000 meter persegi  maka kapasitas yang dimiliki bisa menampung   2 juta orang per tahun.

“Kami harus memperbaiki layanan dan fasilitas di Terminal Husein Sastranegara   karena yang datang kebanyakan turis dari luar negeri,” jelasnya.

Diungkapkannya,  pembangunan terminal baru tersebut saat ini sedang menunggu selesainya  proses pembebasan lahan. AP II akan membebaskan lahan milik PT Dirgantara Indonesia. “Ini kan sesama BUMN, jadi diharapkan proses pembebasannya bisa cepat dilaksanakan,” ujarnya.

Seperti diketahui, saat ini Bandung menjadi salah satu tujuan wisatawan asal negeri Jiran, Malaysia dan Singapura. Maskapai asal negeri itu yaitu Malaysia Airlines dan Indonesia AirAsia telah memiliki penerbangan rutin ke kota kembang. Dari Bandung, Indonesia Air Asia memiliki penerbangan langsung ke Bali, Medan, dan Kuala Lumpur. Sedangkan maskapai Singapura Slik Air memiliki penerbangan sebanyak lima kali seminggu ke Bandung.

Sedangkan pemain lokal yang sudah terbang ke bandara Husein Sastranegara adalah Merpati Nusantara Airline, Susi Air, Sriwijaya Air, Sky Aviation, dan Wings Air. Ramainya maskapai melayani rute ke Bandung tak bisa dilepaskan dari diperpanjangnya runway bandara sehingga bisa darati oleh pesawat berbadan lebar.[dni]

Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s