191111 20 Perusahaan Bidik Tender Menara Axis

JAKARTA–Sebanyak 20 perusahaan penyedia menara telekomunikasi mengikuti tender penyewaan 5000 menara untuk Axis Telekom Indonesia (Axis).

“Kami sangat senang dengan kualitas tanggapan yang diberikan kepada rencana mengembangkan jaringan di Axis dari pihak luar. Sebanyak 20 perusahaan penyedia menara mengikuti tender yang kami buka,” ungkap Chief Technology Officer Axis Michael McPhail di Jakarta, Rabu (16/11).

Dijelaskannya, strategi perseroan untuk menyewa menara ini sesuai dengan arahan pemerintah untuk menjalankan pemanfaatan infrastruktur bersama di industri telekomunikasi.

Pada saat yang bersamaan Axis juga sedang menjalankan proses tender penyewaan infrastruktur backbone-nya. Strategi ini merupakan bagian dari komitmen Axis untuk mendukung inisiatif pemerintah Indonesia dalam menjalankan pemanfaatan infrastruktur bersama karena Axis yakin hal ini merupakan langkah positif untuk meningkatkan penetrasi layanan telekomunikasi seluler di Indonesia, seperti juga memberikan kesempatan bagi industri telekomunikasi untuk menurunkan biaya operasional dan mempercepat pengerjaan jaringan. Lebih jauh, pemanfaatan menara dan infrastruktur bersama ramah lingkungan.

” Perusahaan melanjutkan ekspansi agresif untuk perluasan jaringan dan infrastruktur, serta melakukan peningkatan yang diperlukan untuk mengimbangi pertumbuhan jumlah pelanggan, terutama setelah perusahaan memperkenalkan layanan mobil broadband berkecepatan tinggi tahun ini,” katanya.

Berdasarkan catatan, Axis akan membenamkan investasi sekitar satu miliar dollar AS untuk mengembangkan layanan data. Hingga saat ini, sekitar 300 juta dollar AS telah terpakai.

Untuk proyek lima ribu BTS sendiri dianggarkan dana sekitar 500 juta dollar AS. Axis menargetkan pada 2014 akan memiliki 40 juta pelanggan. Untuk itu telah didapat dukungan dana sebesar 1,6 miliar dollar AS, yang 1,2 miliar dollar AS di antaranya diperoleh dari pinjaman perbankan internasional.[dni]

Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s