101111 Meretas Jalan ke Lantai Bursa

Pertumbuhan ekonomi Indonesia yang semakin baik telah memicu berkembangnya bisnis sektor telekomunikasi. Banyak perusahaan yang tidak hanya mengandalkan jasa teleponi dasar mulai menggeliat. Salah satunya adalah anak usaha Telkom, Infomedia Nusantara (Infomedia).

Infomedia yang semula memiliki tiga portofolio bisnis yaitu Digital Media & Rich Content (DMRC), Contact Center & Outsourcing Services (CCOS) dan Printing & Publishing, kini telah berkembang memiliki tujuh portofolio bisnis, dimana dua diantaranya adalah portofolio bisnis baru yakni Research & Consulting Services dan Commerce.

Presiden Direktur Infomedia M. Awaluddin mengungkapkan, hingga kuartal III/2011, Infomedia berhasil membukukan pendapatan usaha sebesar 771 miliar rupiah atau mengalami pertumbuhan sebesar 24,5 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun lalu sebesar 619 miliar rupia. Pencapaian selama 9 bulan ini telah membukukan sekitar 77 persen dari total target tahun 2011, yaitu satu triliun rupiah.

Earning Before Interest Tax Depreciation Amortization (EBITDA) sampai dengan Triwulan III/2011 tercapai 181 miliar rupiah atau tumbuh sebesar 30,8 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun lalu.

Sedangkan laba bersih Triwulan III/2011 tercapai sebesar 100 miliar rupiah atau tumbuh 28,6 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun lalu yaitu sebesar 78 miliar rupiah.

Sampai dengan triwulan III-2011, total asset Infomedia tumbuh 15,3 persen dari 626 miliar rupiah menjadi 722 miliar rupiah . Total ekuitas Infomedia juga tumbuh sebesar 19.3 persen dari 381 miliar rupiah menjadi 455 miliar rupiah di tahun 2011.

Menurut Awaluddin, Infomedia juga menunjukan kinerja operasional yang luar biasa, yang ditandai dengan pertumbuhan jumlah customer yang signifikan dari beberapa portofolio produk yang dikelola.

Untuk portofolio Advertising & Directory, jumlah customer Online Advertising yang dikelola telah mencapai 581 customer atau tumbuh 141 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun lalu.

Customer Mobile Content mencapai 378 customer atau tumbuh sebesar 7460 persen customer jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun lalu. Jumlah customer Direktori Printing/BPT yang dikelola oleh Infomedia sampai dengan Triwulan III-2011, telah mencapai sekitar 15.375 customer atau tumbuh 3 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun lalu.

Pada portofolio CRM services, sampai dengan Triwulan III-2011, Infomedia telah membukukan total call production sekitar 213 juta call untuk jasa contact center yang telah diberikan dengan total customer untuk portofolio ini berjumlah 88 customer.

Pendapatan yang dicapai melalui portofolio Printing dan Publishing triwulan III-2011 juga mengalami pertumbuhan yang luar biasa, yaitu sebesar 57 miliar rupiah atau tumbuh 43 persen dibandingkan periode yang sama di tahun lalu.

Untuk terus memperluas pasar di tahun 2012, beberapa produk/layanan baru telah dipersiapkan oleh Infomedia. Beberapa layanan yang telah dipersiapkan tersebut diantaranya adalah melalui portofolio bisnis CRM services dan Media Directory & Advertising.

Untuk portofolio CRM services, layanan Hosted Call Center akan dikembangkan dengan menggarap pasar Small Medium Enterprise (SME). Sedangkan untuk portofolio Media Directory & Advertising, Infomedia akan memperluas pasar Digital Advertising melalui produk/layanan digital signage.

“Kami juga baru melakukan soft launching http://www.goodizz.com sebagai situs diskon pada 1 November lalu. Grand launching akan dilakukan pada 17 Desember 2011. Kita targetkan omsetnya tahun depan mencapai tiga miliar rupiah,” katanya.

Diungkapkannya, agresifnya perseroan mengembangkan lini bisnis tak bisa dilepaskan dari ambisi ingin melantai di pasar modal pada 2013 nanti. “Kami harus menembus omset satu triliun rupiah tahun ini, selain itu portofolio bisnis harus beragam agar nafas bermain di industri ini menjadi panjang,” katanya.[dni]

Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s