101111 Kemenkominfo Terbitkan Aturan Penataan 3G

JAKARTA—Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) segera mengeluarkan aturan penataan kanal frekuensi 3G dalam bentuk Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika (Permenkominfo) pada Desember 2011.

Menkominfo Tifatul Sembiring mengungkapkan, pemerintah memberikan tenggat waktu sampai akhir tahun ini kepada Telkomsel untuk berpindah kanal agar penataan berjalan mulus sebelum aturan resmi ditandatangani.

“Penataan frekuensi 3G, berupa penambahan satu kanal tambahan kepada operator dan kemudian dilanjutkan dengan penambahan kedua sebesar 5 MHz adalah dimaksudkan untuk merapikan spektrum,” ujarnya di Jakarta, Rabu (9/11).

Diungkapkannya, pemerintah sudah memutuskan bahwa kanal 1 dan kedua dialokasikan untuk Hutchison CP (Tri), kanal k3-3 dan ke-4 untuk Axis, kanal ke-5 dan ke-6 untuk Telkomsel dan seterusnya.

Dirjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika M Budi Setiawan menambahkan, sejak Maret 2011 telah mengeluarkan surat mengenai penataan pita Frekuensi 2.1 Ghz yang dibuat berdasarkan hasil rapat pleno BRTI tentang pembahasan Second Carrier 3G, yang mengharuskan Telkomsel melakukan migrasi mengingat kanal ditempati Telkomsel akan dialokasikan kepada operator lain.

Dalam surat tersebut juga dituliskan secara jelas bahwa keseluruhan proses migrasi akan dilakukan dalam jangka waktu tiga bulan dan akan dimulai sejak Menkominfo mengeluarkan keputusan terkait penataan pita frekuensi 2.1 GHz.

Pengalokasian kanal kedua 3G ini juga sebenarnya telah selesai dibahas dan telah ditetapkan oleh Keputusan Menkominfo No 268 Tahun 2009, tentang Penetapan Alokasi Tambahan Blok Pita Frekuensi Radio bagi Penyelenggara jaringan Bergerak Selular pada Pita 2,1 Ghz.

Menurut Sekjen Masyarakat Telematika Indonesia (Mastel) Mas Wigrantoro Roes Setiadi makin cepat regulasi itu diputuskan maka akan semakin baik bagi industri.

”Saat ini kepastiannya adalah ketidakpastian itu sendiri. Lambatnya penetapan Permenkominfo bisa jadi ada pertimbangan lain, misalnya, ada bargaining tertentu, atau buying time sampai publik capai sendiri, atau karena tidak mau tahu bahwa semakin cepat semakin baik, dan masih banyak alasan lain, saya hanya menebak saja,” tuturnya.

Direktur Layanan Korporasi Three Sidarta Sidik mengatakan, jika aturan makin lambat keluar, ada potensi setoran Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang akan hilang.

Sementara Dirut Telkomsel Sarwoto Atmosutarno meminta penataan ulang secara keseluruhan karena masa depan spektrum frekuensi mengarah kepada teknologi yang konvergen, yaitu Long Term Evolution. [dni]

Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s