081111 Tabulet Ambisi Kuasai 30% Pasar Tablet

JAKARTA— PT Erasa Mandiri Teknosis (Erasa) berambisi menguasai 30 persen dari perkiraan total 63.070 unit  komputer tablet  yang akan terjual di Indonesia tahun ini melalui  dua produk yang dimilikinya yakni Troy dan Octa.

“Kami optimistis melalui produk   Tabulet  Troy yang memliki layar 7 inchi  untuk segmen pasar pecinta game dan Octa dengan layar 8 inchi bagi pengakses  internet,” ungkap Direktur Penjualan Erasa Raymond Tanujaya di Jakarta, kemarin.

Menurutnya,  segmen pasar yang disasarnya adalah   pengguna yang menginginkan piranti digital mumpuni tapi dengan harga yang murah.  “Tabulet  bisa menjadi pilihan.
Ini lebih kepada pengganti netbook sehingga segmen mahasiswa atau pebisnis pemula banyak yang berminat dengan Tabulet,” katanya.

Diyakininya, produsen tablet lokal mampu mengambil ceruk fitur yang tidak bisa ditampilkan oleh vendor ternama. Misalnya, mayoritas tablet masih berukuran 7 inch, 8,9 inci maupun 10 inci.

Untuk menyasar segmen lain, Tabulet Octa dengan layar  berukuran 8 inci. Alasannya, belum ada vendor ternama yang membuat produk dengan ukuran layar tersebut. Selain itu, pasar pebisnis juga menyukai tablet dengan layar yang tidak terlalu kecil maupun tidak terlalu besar.

Diklaimnya, Tabulet Octa yang baru dikeluarkan selama dua minggu terakhir ini diklaim sudah terjual 2.000 unit di seluruh Indonesia.   Khusus penjualan Tabulet Troy yang telah diluncurkan Mei lalu sudah terjual 10.000 unit hingga akhir Oktober lalu. Bahkan,  Tabulet Troy ditargetkan  bisa terjual 12.000 unit hingga akhir tahun.

Tabulet Octa yang dirakit di China ini memiliki kapasitas prosesor Cortex A8 (1 Ghz) yang sudah setara dengan prosesor milik Samsung Galaxy Tab. Layar sentuh 8 inci ini mendukung lima poin multi touch, beda dengan produk lokal lain yang hanya bisa memakai dua jari.

Tablet dengan ketipisan 0,5 mm ini juga dipersenjatai dengan OS Android Gingerbread 2.3, dual kamera (VGA dan 2MP), GPS, 3G, Wifi, HDMI output, internal memory 4GB, mendukung external memory hingga 32 GB dan dapat membaca USB flash disk dan hard disk eksternal.

Banderol  Tabulet Octa  2,599 juta rupiah, jika mau menambah  100 ribu rupiah  lagi,  akan mendapat bonus free Internet dari Telkomsel Flash selama enam bulan.

Secara terpisah,  Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia Suhanda Wijaya mengungkapkan, potensi pasar tablet di Indonesia semakin besar. Tahun lalu, pasar tablet kurang dari 5 persen terhadap pasar komputer. Tahun ini, total pasar komputer sebanyak 5,3 juta unit, dari jumlah itu 70 persen  berupa komputer jinjing, termasuk tablet. “Dari 70 persen itu, tablet bakal menyumbang 17 persen,” jelasnya.[dni]

Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s