081111 Mencerdaskan Layar Informasi

Jika dulu informasi menyebar dari layar bioskop, TV, dan komputer, sekarang bergeser ke layar keempat yaitu mobile phone atau komputer tablet. Fenomena mengakses informasi melalui small screen tak bisa dilepaskan dari hadirnya konektivitas internet sehingga pengguna lebih merasa terpersonalisasi untuk memilih berita.

Namun, sekarang mengakses internet pun tak hanya sebatas melalui ponsel atau tablet. Perangkat televisi yang sebelumnya menyalurkan informasi dari penyedia konten  sekarang  lebih interaktif berkat diadopsinya koneksi internet.

Perangkat yang disebut Smart TV diyakini akan menjadi salah satu primadona di ruang keluarga di masa depan seiring harga yang kian terjangkau dan konten semakin beragam.

”Saat ini pengguna internet ada sebanyak 45 juta, diperkirakan  pada 2014  akan mencapai 153 juta pengguna.  Tren ini membuat kebutuhan akan akses komunikasi berkembang dengan cepat di semua segmen, sehingga menciptakan peluang bagi penyedia perangkat  memberikan  solusi komunikasi sesuai dengan kebutuhan pengguna,” ungkap  Direktur Penjualan SpeedUp  MLW Telecom Taufan Wijaya Sakti di Jakarta, kemarin.

Dijelaskannya, untuk mengantisipasi momentum tersebut, perseroan meluncurkan  produk TV interaktif dan komputer tablet dengan nama  SpeedUp TV dan komputer tablet atau SpeedUp Pad.

SpeedUp TV memungkinkan  televisi dapat digunakan untuk berselancar di dunia maya dan bermain game. Produk yang mengandalkan koneksi internet dari  Telkomsel ini hanya menyambungkan piranti Smart Box ke televisi baik konvensional maupun digital. Secara langsung, televisi tersebut bisa menikmati layanan dunia maya seperti akses Internet, streaming video, musik, dan radio, games, jejaring sosial, hingga e-book, layaknya komputer pribadi.

SpeedUP TV juga dilengkapi dengan “smart motion remote” yang dapat mendeteksi gerakan sehingga membuat pengalaman bermain games dan bernavigasi semakin seru. Kemampuan lain yang dimiliki oleh SpeedUp TV adalah streaming video, musik, radio, games, jejaring sosial dan buku elektronik.

Terdapat dua jenis  SpeedUp TV  yakni Euphoria dan  Exploria. Euphoria  mendukung Wifi, 3.5 G modem, dan kualitas gambar HDMI. Sedangkan jenis yang kedua mendukung gambar HDMI, 3.5 G modem dan hanya LAN version. Euphoria TV dibanderol 1,39 juta rupiah sementara Exploria  TV   999 ribu rupiah.

Sementara SpeedUp Pad yang dibanderol 2,5 juta rupiah  merupakan solusi alternatif atas kebutuhan masyarakat untuk mengakses Internet di mana pun dan kapan pun yang dilengkapi dengan berbagai aplikasi seperti musik, e-book, video player, browsing, GPS, dual camera dan juga dilengkapi dengan teknologi 3G. SpeedUp Pad dilengkapi dengan fasilitas chipset Snapdragon dari Qualcomm.

Direktur Produk dan Marketing  MLW Telecom Rahmad Widjaya Sakti mengatakan, perseroan telah mengambil langkah maju yakni tidak hanya berjualan modem yang berhasil menjaring tiga juta pelanggan broadband Telkomsel.

”Untuk produk Speed Up Pad kita optimistis   bisa menguasai 10 persen dari pangsa pasar tablet. Sementara Speed Up TV akan meraup 30 persen dari sekitar 50 juta rumah tangga yang memiliki TV. Akses internet dari Telkomsel salah satu nilai jual MLW Telecom,” katanya.

Diungkapkannya, perangkat modem pun sekarang diperkaya dengan sistem operasi (OS) Studio 9 yang memungkinkan pengguna  mendengarkan lebih dari 500.000 judul lagu, bermain ribuan games, membaca ribuan buku, dan mengikuti berita teraktual. Selain itu juga ada  fitur SpeedUp  Apps Store di mana para pengguna bebas men-download ribuan aplikasi untuk PC.

VP Channel Management Telkomsel Gideon Edi Purnomo mengungkapkan, selama ini masyarakat Indonesia membeli perangkat broadband hanya sebatas melihat alatnya tanpa mencari lebih jauh manfaat atau ekosistemnya.

”Kami ingin masyarakat itu membeli manfaat atau ekosistem dari perangkat tersebut seperti yang ditawarkan produk-produk Speed Up. Ini akan membuat program retensi bisa berjalan, dan jaringan operator dalam menghantarkan data tidak tereksplorasi secara membabi-buta,” katanya.[dni]

Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s