081111 Garuda Siapkan Rp 100 Miliar untuk Citilink

JAKARTA–PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) menyiapkan dana sebesar 100 miliar rupiah untuk membuat unit bisnis yang menggarap segmen Low Cost Carrier (LCC) menjadi mandiri mulai tahun depan.

“Citilink mulai kuartal pertama  atau paling lambat kuartal kedua 2012 akan menjadi anak usaha. Namanya PT Citilink Indonesia,” ungkap Direktur Utama Garuda Indonesia Emirsyah Satar di Jakarta, Senin (7/11).

Diungkapkannya, saat ini perseroan tengah mengurus Surat Izin Usaha Penerbangan (SIUP) dan Air Operation Certificate (AOC) ke otoritas penerbangan sipil. “Semua permintaan untuk mendapatkan izin sudah dipenuhi. Baik soal  kepemilikan pesawat atau perencanaan bisnis,” katanya.

Diungkapkannya, pada akhir tahun ini Citilink akan memiliki 10 pesawat yang terdiri atas  4 Airbus dan 6 Boeing, sedankan pada  akhir 2012 akan berjumlah 20 unit. “Tahun ini Garuda menargetkan mengangkut 17 juta penumpang. Sumbangan dari Citilink masih kecil,” katanya.

Direktur Keuangan Garuda Elisa Lumbantoruan mengungkapkan, setelah pembentukan Citilink Indonesia selesai akan segera digelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) untuk menetapkan jajaran direksi.

“Penetapan bisa lebih cepat karena sesuai arahan Menneg BUMN, anak usaha ditetapkan oleh induk usaha jajaran direksinya,” katanya.

Selanjutnya Elisa mengungkapkan, nantinya semua armada Citilink akan terdiri atas  A-320 dimana  25 pesawat sudah dipesan beberapa bulan lalu dan kedatangannya bertahap.

Dijelaskannya, dipilihnya tipe A-320 mengingat di pasar LCC yang berbicara adalah kuantitas.  “Boeing klasik itu rata-rata mengangkut 180 penumpang, sedangkan A 320 bisa membawa 215 penumpang. Karena itu kita lebih memilih A 320 untuk Citilink,” katanya.

Garuda sendiri pada tahun ini akan menerima 11 pesawat baru terdiri dari 2 A330-200 dan 9 B737-800NG. Saat ini Garuda memiliki 86 pesawat. Sedangkan  penumpang yang diterbangkan sampai kuartal III 2011 sebanyak 8,71 juta jiwa.[dni]

Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s