081111 Aturan Delay Ditunda

JAKARTA–Kementrian Perhubungan (Kemenhub) menunda implementasi  Peraturan Menteri Nomor 77 Tahun 2011 tentang Tanggung Jawab Pengangkut Angkutan Udara yang merupakan Peraturan Pelaksanaan dari Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan.

Regulasi yang  akan memberikan perlindungan kepada pengguna jasa penerbangan, serta mendisiplinkan para Badan Usaha Angkutan Udara (airlines)  terhadap keamanan, keselamatan dan kelancaran dalam menjalankan bisnis angkutan udara itu seharusnya diberlakukan pada 8 November 2011 dan ditunda hingga 1 Januari 2012.

Kepala Bagian Hukum dan Humas Ditjen Hubungan Udara Kemenhub Israfulhayar mengungkapkan, berdasarkan sosialisasi, masukan dari semua stakeholder dan hasil evaluasi di lapangan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara PM No 77/2011  ditunda pemberlakuannya menjadi tanggal 1 Januari 2012 dengan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor: PM 92 Tahun 2011 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 77 Tahun 2011 tentang Tanggung Jawab Pengangkut Angkutan Udara.

“Pertimbangan  PM No 92/  2011 adalah belum adanya konsorsium asuransi untuk menjamin pertanggungjawaban angkutan udara kepada pengguna jasa serta masih terdapat beberapa Badan Usaha Angkutan Udara yang belum siap, khususnya terhadap pemberlakuan ganti rugi keterlambatan secara langsung,” katanya.

Adapun materi perubahan di PM No 92/2011 nantinya meliputi,  Tanggung jawab pengangkut wajib diasuransikan oleh pengangkut kepada satu atau gabungan beberapa perusahaan nasional.

Penutupan asuransi dan penanganan penyelesaian klaim Asuransi Tanggung Jawab Pengangkut Angkutan Udara dapat dilakukan dengan menggunakan jasa keperantaraan perusahaan pialang asuransi.

Tanggung jawab pengangkut dalam peraturan ini berlaku juga terhadap pengangkut yang melakukan kegiatan angkutan udara niaga tidak berjadwal (charter) atau pihak-pihak lain sebagai pembuat kontrak pengangkutan (contracting carrier) sepanjang tidak diperjanjikan lain dan tidak bertentangan dengan peraturan ini.[dni]

Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s