071111 KAI Terima Dana PSO

JAKARTA—PT Kereta Api (KAI) telah menerima pencairan dana pelayanan publik (public service obligation/PSO) sekitar  313.214,6 miliar rupiah  dari pemerintah sebagai  pengganti biaya operasional KA kelas ekonomi yang telah dikeluarkan perseroan sepanjang Januari-Juni 2011.
Direktur Keuangan  PT KAI Kurniadi Atmosasmito mengungkapkan, pencairan dana PSO itu sudah dilakukan pemerintah pada akhir Oktober 2011.
“Kami sudah menerima pencairan dana PSO untuk semester I-2011 sekitar 313.214,6  miliar rupiah pada akhir Oktober kemarin. Dana itu cair, setelah pengajuan PSO kami lolos verifikasi yang dilakukan Ditjen Perkeretaapian Kemenhub,” ungkapnya di Jakarta, pekan lalu.
PT KAI sebelum Lebaran 2011  menandatangani  kontrak PSO 2011 dengan   Ditjen Perkeretaapian Kemenhub senilai  639 miliar rupiah  yang ditindaklanjuti dengan pengajuan PSO oleh PT KA untuk periode Januari-Juni 2011.
Diungkapkannya,  dana PSO yang didapat, sedang dan akan digunakan untuk biaya perawatan dan operasional KA kelas ekonomi.
”Sebenarnya, dana PSO itu masih kurang. Tahun ini misalnya, kami sebenarnya butuh dana PSO  1,3 triliun rupiah, tapi yang disetujui hanya  639 miliar rupiah,” kata dia.
Menurutnya,  kebutuhan riil dana PSO untuk 2012 juga mencapai angka yang tidak jauh berbeda dengan tahun 2011 sebesar  1,3 triliun rupiah. Arus kas PT KAI sendiri  hingga September 2011 mencatat  pendapatan sebesar  5,6 triliun rupiah. Perseroan masih optimistis target pendapatan  7,77 rupiah  triliun dalam Rencana Kerja Anggaran Perusahaan (RKAP) 2011 bisa tercapai.[dni]
Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s