031111 Kemenhub Targetkan Pembangunan Rel Ganda Tuntas

JAKARTA–Kementrian Perhubungan (Kemenhub) menargetkan pembangunan  rel ganda lintas Tanah Abang- Serpong-Parung Panjang-Maja, Banten selesai akhir tahun ini, setelah itu dilanjutkan hingga  Rangkas Bitung yang akan selesai pada  2014 nanti.

“Saya lihat ini dari hasil laporan Dirjen Perkeretaapian, ada target yang harus dicapai dalam membangun rel kereta api. Salah satunya jalur ganda di atas.  Desember 2011 atau awal Januari 2012 kita resmikan rel jalur ganda termasuk keretanya,” ungkap  Menhub EE. Mangindaan di Jakarta, Rabu (2/11).

Dikatakannya,  setiap perencanaan harus sesuai target. Pada akhir 2011 jalur ganda KRL lintas Tanah Abang sampai Maja dipacu untuk rampung, dan hingga ke Rangkas Bitung selesai 2014. Proyek ini menelan dana dari APBN seniali satu  triliun rupiah.

“Semua pihak harus mendukung terselesaikannya jalur ganda lintas Tanah Abang-Rangkas Bitung ini, termasuk PT KAI,” kata Mangindaan.

Menurutnya, dipicunya pembangunan jalur ganda KRL lintas Tanah Abang-Rangkas Bitung, sebagai salah satu upaya pemenuhan fokus utama Kementerian Perhubungan yakni pengadaan transportasi massal.

“Semua yang angkutan massal akan menjadi fokus utama. Kita harus ikuti pertumbuhan ekonomi dengan menyediakan angkutan massal yang seimbang termasuk kereta api, bus, dan kapal,” katanya.

Masih menurutnya,  keberadaan KRL ini sendiri sangat dibutuhkan untuk angkutan massal. Sekali angkut untuk satu gerbong KRL saja sebanyak 1.400 orang, dan setiap rangkaian kereta terdiri dari 8 gerbong. Artinya sekali jalan mampu membawa 11.200 orang saat jam sibuk. PT KAI sendiri mencatat, penumpang KRL Jabodetabek sebanyak 400.000-an per hari.

“Melihat tingginya kapasitas tampung KRL ini, sekarang mari kita bersama-sama meningkatkan kemampuannya, Kemenhub menambah daya listrik sehingga nantinya akan menambah jumlah kereta, sehingga daya tampung akan bertambah juga,” ungkapnya.

Dirjen Perkeretaapian Kemenhub Tunjung Inderawan menambahkan,  lintas Parung Panjang hingga Maja sepanjang 22 kilo meter, sedangkan lintas Maja sampai Rangkas Bitung sepanjang 12 km.[Dn]

Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s