011111 KPPU Klarifikasi Akuisisi Skype

 
JAKARTA—Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) akan mengklarifikasi aksi Microsoft yang mengakuisisi Skype senilai 8,5 miliar dollar AS beberapa waktu lalu.
”Kami akan memanggil Microsoft Indonesia untuk untuk klarifikasi awal terkait informasi akuisisi Microsoft terhadap Skype. Informasi ini dibutuhkan untuk mengetahui aksi korporasi  tersebut masuk dalam threshold notifikasi,  akuisisi perusahaan terafiliasi, dan kategori pengabungan, peleburan dan pengambilalihan asing yang wajib dinotifikasi ke KPPU,” ungkap juru bicara KPPU A. Junaidi di Jakarta, kemarin.
Menurutnya, langkah yang dilakukan oleh KPPU wajar karena   bagian dari kewenangan  sebagaimana diatur dalam PP 57/2010. ”Jika terdapat pelaku usaha yang terafiliasi dengan kedua pelaku usaha tersebut di Indonesia dan produknya dipasarkan di Indonesia serta pengaruhnya dalam struktur pasar bersangkutan di Indonesia, tentu harus ada klarifikasi. Notifikasi menjadi  wajib sebagaimana perintah pasal 28-29 UU No. 5/99,” katanya.
Dikatakannya, dalam klarifikasi tersebut juga tidak tertutup kemungkinan ditanyakan lebih jauh tentang kerjasama antara Skype dengan Telkomsel yang terkesan eksklusif. ”Jika berkembang ke arah itu, tidak ditutup kemungkinan,” katanya.
Director of Corporate Affair Microsoft Indonesia Chrisma Albandjar  mengungkapkan, pihaknya   sudah memberikan informasi terkait akuisisi Skype kepada KPPU bulan Juni yang lalu, dan akan tetap patuh dan mengikuti permintaan klarifikasi dari lembaga tersebut.
Sebelumnya, Microsoft telah mengumumkan membeli Skype senilai 8,5 miliar dollar AS. Penyedia layanan berbasis video chatting ini memiliki basis pelanggan sekitar 400 juta pengguna di dunia.
Di Indonesia, Skype menggandeng Telkomsel untuk masuk ke pasar pengguna mobile. Ditargetkan dari 30 juta pengguna data Telkomsel tertarik menggunakan jasa ini khususnya untuk berkomunikasi ke luar negeri. Skype sendiri layanannya gratis, tetapi akses datanya berbayar menggunakan jaringan operator.[dni]
Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s