271011 Microsoft Siapkan Model Bisnis Komputasi Awan

JAKARTA—Microsoft menyatakan kesiapannya dalam menyediakan layanan Cloud Computing atau komputasi awan yang lengkap untuk segala kebutuhan pengguna di Indonesia dengan menyiapkan beberapa skema model bisnis.

“Komputasi awan bukanlah solusi untuk semua masalah Teknologi Informasi (TI), tetapi merupakan satu komponen dari satu solusi TI yang lengkap, yang biasanya merupakan gabungan dari layanan awan ditambah dengan aplikasi yang terpasang di server milik sendiri. Kami telah menyiapkan beberapa  model bisnis untuk solusi ini,” ungkap  National Technology Officer PT Microsoft Indonesia, Tony Seno Hartono di Jakarta, Rabu (26/10).
Diungkapkannya, beberapa skema bisnis yang disiapkan bagi perusahaan ingin mengadopsi komputasi awan, pertama   Pay As you Grow  atau  Pay As You Use, dimana  pembayaran dialakukan per bulan, subscription base dan sesuai dengan apa yang digunakan bulan tersebut.
Kedua, Start anytime, Stop Anytime. Model ini mengurangi resiko investasi IT, karena bisa membayar sesuai yang dibutuhkan, dan dapat mulai atau berhenti subscription process kapan saja sesuai kebutuhan.
Ketiga,  menggeser  belanja modal menjadi biaya operasi   dimana cara pembiayaan TI melalui Operating Expenses dan tidak di claim menjadi aset perusahaan, sehingga lebih meringankan pengusaha.
Keempat  Outsourced complexity dimana sebagian besar maintenance akan di lakukan oleh pihak partner yang memberikan jasa hosting dan menjalankan semua aplikasi. Kelima Get The Latest Technology Automatically yang memungkinkan pelanggan selalu mendapatkan teknologi terbaru dari Microsoft.
 Sedangkan produk dan fitur terkait cloud computing yang ditawarkan adalah Microsoft Exchange Online,  Microsoft SharePoint Online,  Microsoft Office Communications, dan Microsoft Office Live Meeting.
“Komputasi awan bukan teknologi baru tapi satu tahapan evolusi komputasi yang natural. Microsoft akan menjadikan Indonesia sebagai Knowledge Base Society dengan cara 1. mendorong industri kreatif, entrepreunership, transformasi pendidikan, dan transparansi di pemerintahan, dimana implementasi komputasi awan salah satu strateginya,” katanya.[dni]
Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s