251011 Kemenkominfo Evaluasi Penyetopan SMS Premium

JAKARTA—Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) akan mengevaluasi implementasi penghentian sementara penawaran konten komersial yang dilakukan oleh operator untuk menjamin instruksi yang dikeluarkan regulator pada pekan lalu dijalankan.

“Operator telekomunikasi akan dipanggil pada Senin (24/10) nanti untuk mengevaluasi implementasi perintah penyetopan sementara itu. Jika ditemukenali ada yang tidak melaksanakan perintah pekan lalu, kita akan cabut lisensinya dalam jangka waktu tiga minggu ke depan,” ungkap Menkominfo Tifatul Sembiring di Jakarta, akhir pekan lalu.
Secara terpisah, Anggota Komisi I DPR  Max Sopacua mengungkapkan,  komisinya telah sepakat membentuk Panja Mafia Pulsa untuk menuntaskan dan membuka kasus-kasus pencurian pulsa yang akhir-akhir ini menjadi permasalahan.
“Komisi I kecewa ketika kami (Komisi I) meminta diumumkan saja penyedia konten  yang nakal. Namun itu tak dilakukan, dengan alasan itu karya kreatif anak bangsa. Panja ini ingin membuka dan menuntaskan persoalan pencurian pulsa ini.Tujuannya kami mengembalikan jangan sampai ada yang berbuat nakal dan curang lagi,” kata Max.
Max menegaskan bahwa panja akan segera menjalankan tugasnya dan diharapkan sebelum masa reses sudah bisa membuahkan hasil. Panja akan memanggil semua pihak yang terkait termasuk para korban.
Anggota Komite Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) Heru Sutadi berjanji akan mendalami setiap pola penawaran konten dan perjanjian kerjasama operator dengan penyedia konten dalam rangka audit teknis dan forensik. ”Kami banyak mendapatkan masukan dari masyarakat adanya praktik mobile advertising melalui pop screen yang menyimpang dari kaidah bisnis yang terjadi di lapangan. Kita akan panggil pihak-pihak terkait hal itu,” katanya.
Sedangkan terkait Ring Back Tone (RBT), menurut Heru, pelaku industri kreatif tidak perlu khawatir dengan adanya reset yang diminta oleh regulator karena sebenarnya itu bertujuan untuk melindungi masyarakat lebih luas. ”Selama ini ada yang mengeluh RBT-nya otomatis diperpanjang atau merasa tidak berlangganan. Jika direset, dan benar-benar ada yang ingin berlangganan dipersilahkan. Itu akan fair bagi semua pihak,” katanya.[dni]
Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s