241011 Maskapai Dukung Pembangunan Bandara Baru di Jabodetabek


JAKARTA—Maskapai nasional yang tergabung dalam Indonesia National Air Carriers Association (Inaca) mendukung rencana pemerintah untuk membangun Bandar udara (Bandara) baru di Jabodetabek untuk mengantisipasi lonjakan penumpang di masa depan.
“Saya rasa melihat pertumbuhan penumpang rata-rata antara 15 hingga  20 persen  per tahun dan  ekonomi Indonesia yang rata-rata 6 persen lebih dalam waktu yang  tidak lama Bandara Soekarno-Hatta  sudah tidak bisa menampung lagi lonjakan penumpang  meskipun sudah diadakan pengembangan. Sudah tepat  pemerintah merencanakan Bandara baru,” kata Sekjen Inaca Tengku Burhanuddin di Jakarta, akhir pekan lalu.
Menurutnya, rencana pemerintah tersebut mencerminkan adanya kemajuan dalam pola pikir karena biasanya selama ini menunggu dulu terjadi kelebihan kapasitas baru direncanakan pengembangan.
“Kota-kota  besar di dunia  seperti Tokyo , London, dan Shanghai sudah punya masing-masing dua bandara. Jakarta harusnya juga demikian.   Diharapkan pada  2020 sudah ada solusi menghadapi lonjakan penumpang itu  dengan adanya bandara baru tersebut,” katanya.
.
Diingatkannya, hal yang penting dalam membangun bandara baru adalah memperhatikan akses menuju lokasi seperti jalan toll dan kereta api harus paralel direncanakan.
“Pengalaman seperti Bandara  Lombok dan Kuala Namu dimana jalan tol  belum tersentuh jangan terulang. Perlu perencanaan matang tidak tambal sulam,” ingatnya.
Direktur Niaga Garuda Indonesia Agus Priyanto juga menyambut baik rencana pemerintah membangun bandara baru di sekitar Jabodetabek seperti di Karawang. “Karawang tepat dari sisi akses. Nanti akan dikaji Garuda  membuka hub disitu,” katanya.
Dikatakannya, dalam membangun bandara harus diperhatikan arus penumpang dan barang  keluar masuk, serta rencanan jangka panjang minimal untuk 50 tahun ke depan.
“Hal yang penting flow penumpang.  Kita belum punya bandara hub, yakni pengumpul seluruh penerbangan dari domestik atau regional, ke negara lebih jauh. Pembangunan Bandara di kerawang seharusnya memang di sana apalagi dikaitkan dengan pariwisata  dan ekonomi kreatif, tentu  harus di dukung kebaradaan bandara,” jelasnya.
Sementara itu, Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono mengungkapkan, Kementerian Perhubungan berencana membangun bandara baru di kawasan Jakarta bagian Timur yakni sekitar Cikarang-Karawang, Bekasi. Peletakan batu pertama ditarget pada 2013.
Diungkapkannyam bandara baru ini nantinya berdaya tampung lebih besar dari Bandara Soekarno-Hatta saat ini. “Soal pembangunan bandara baru di Timur Jakarta masih tahap pengkajian soal tepatnya dititik mana dari sekitar Cikarang-Karawang, namun soal akan dibangun, memang sudah pasti dibangun,” kata Bambang.
Dikatakannya, untuk lokasi membangun bandara baru ini, masih ada beberapa pertimbangan, yakni soal daya dukung lingkungan, lahan pertanian produktif, dan aksesibiltas.
Dipaparkannya, bandara baru ini nantinya akan berkapasitas lebih besar dari Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta. Diperuntukkan untuk seluruh segmen penerbangan termasuk untuk layanan penuh atau full services maupun tarif rendah atau low cost carier (LCC).
“Nantinya di Jakarta akan ada multi airport (beberapa bandara), terserah maskapai untuk memilihnya. Namun, antara Bandara Soekarno-Hatta yang berada di Cengkareng Banten, akan terhubung langsung dengan bandara baru ini melalui jaringan kereta api,” kata Bambang.
Dijelaskannya,  untuk pengerjaan proyek ini akan berbentuk kerjasama pemerintah dan swasta atau public private partnership (PPP). Pemerintah akan membangun prasarana dari sisi udara, sedangkan untuk swasta akan mengerjakan dari sisi darat.
“Skemanya nanti PPP. Pada 2013 akan mulai ditender, kalau lancar, proses tender akan selesai dalam 1-1,5 tahun. Studinya masih berjalan, harus dilihat juga dari sisi ruang udaranya,” katanya. [dni]
Iklan

1 Komentar

  1. Lebih cepat lebih baik
    Memang harusnya dibangun Bandara Baru di Cikarang-Karawang sebagai pengurang kepadatan dan akses dari titik Jawa yg bisa memanfaatkannya. Disamping didukung oleh Infrastruktur terbesar Tol Cikampek yg mudah diakses dari berbagai sudut di Jabodetabek. Tentunya proses pembangunan Bandara Baru ini akan sukses.


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s